2020 Infrastruktur Jalan d Cilacap sudah baik semua

0
963
image_pdfimage_print

HUMAS CILACAP. Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cilacap Tahun 2017-2022, Bappelitbangda diminta untuk fokus pada pembangunan infrastruktur dan SDM. Sedangkan Dinas Pertanian harus mampu memajukan pertanian, swasembada pangan dan menyejahterakan para petani.

Permintaan tersebut dikemukakan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, ketika melantik dua pejabat eselon II yakni Kepala Bapelitbanda Sumbowo dan Kepala Dinas Pertanian, Supriyanto, Senin (07/01).

Menurut Bupati, Bapelitbangda merupakan dapur pembangunan. Pembangunan di Cilacap diprioritas pada dua bidang, yakni infrastruktur dan SDM. Untuk itu Bupati minta kepada Sekda untuk memimpin pembangunan infrastruktur  untuk diselesaikan terlebih dahulu, kalau bisa tahun 2020 sudah tidak ada lagi jalan yang jelek.

Sekretaris Daerah Cilacap, Farid Ma’ruf usai pelantikan mengatakan, bidang infrastruktur memang menjadi prioritas di tahun 2020. Dan pada tahun ini sudah dimulai pembangunan infrastruktur di setiap kecamatan. Sedangakan untuk pertanian, diarahkan pada swasembada beras, dan jaringan irigasi menjadi satu fokus yang perlu diperbaiki. Karena itu jitut yang mengalami rusak harus diperbaiki.

Kepala Bappelitbangda Cilacap, Sumbowo mengatakan, segera melaksanakan tugas sesuai dengan arah kebijakan dari RPJMD. Pada tahun 2020 fokus pada pembangunan infrastruktur dan ekonomi daerah pinggiran.

Kabupaten Cilacap wilayahnya sangat luas, jalan kabupaten cukup panjang, tetapi anggaran mungkin sangat terbatas, jadi untuk menentukan prioritas harus dibahas dengan OPD terkait, dan pelaksanaannya nanti oleh OPD terkait, ujar Sumbowo.

Anggaran pembangunan infrastruktur ini, menurut Sumbowo, akan dipilah-pilah, untuk menuntukan yang menjadi prioritas. Sekaligus harus disesuaikan dengan anggaran yang ada. Selama ini anggaran untuk wilayah barat menurutnya memang lebih besar dibandingkan daerah lainnya.

Di barat jauh lebih memrihatinkan dibandingkan dengan timur, otomatis anggaran ke barat pasti lebih dibanding di timur dan kota. Jika kota lebih banyak ke pemeliharaan, barat untuk pembangunan dan peningkatan, ujar Sumbowo

Kepala Dinas Pertanian Cilacap, Supriyanto usai dilantik mengatakan, siap untuk bekerja keras melaksanakan tugas dari Bupati yakni, menjadi lumbung padi dengan target produksi gabah pada tahun 2019 ini mencapai 789 ribu ton. Sekaligus menyejahterakan para petani, satu diantaranya dengan membuka Pasar Tani.

Pasar tani ini nantinya akan dihuni oleh petani produsen bukan pedagang pertanian. Jadi nanti petani produsen kita undang untuk berjualan, untuk memutus distribusi. Harga bisa ditekan, ujar Supriyanto. (hromly)