Bakti Nelayan KKP Bagikan 1000 Paket Sembako dan APD

0
109
Bupati Cilacap bersama Anggota DPR RI Sunarna, Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Dr. Ir. Pamuji Lestari menyerahkan SCPIB pada acara Bakti Nelayan Kementerian Kelautan dan Perikanan.
image_pdfimage_print

CILACAP – Staf Ahli Menteri Kelautan dan Perikanan Bidang Kemasyarakatan dan Hubungan antar Lembaga Dr. Ir. Pamuji Lestari bersama dengan anggota DPR RI Komisi IV Sunarna melaksanankan kunjungan kerja di Kabupaten Cilacap pada hari Senin (27/7). Kunjungan kerja yang bertempat di Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap di hadiri oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat serta tamu undangan yang lain.

Dalam kunjungan kerja kali ini Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyerahkan bantuan bakti nelayan sebanyak 1000 paket sembako dan APD untuk masyarakat perikanan dan nelayan. Selain itu dilaksanakan pula seminar asuransi nelayan dan fasilitasi akses permodalan untuk nelayan.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan, karena pendemi covid-19 yang sedang terjadi sekarang ini berdampak ke semua sektor termasuk sektor perikanan.

”Pandemi Covid-19 berdampak ke semua sektor, termasuk sektor perikanan, tak terkecuali nelayan di Kabupaten Cilacap” Kata Bupati Cilacap.

Bupati Berharap dengan adanya bantuan dan dibukanya akses permodalan untuk nelayan dan masyarakat perikanan semakin motivasi nelayan untuk bangkit ditengah pendemi covid-19.

Dr. Ir. Pamuji Lestari menyampaikan KKP telah melakukan berbagai inovasi pelayanan kepada masyarakat mulai dari percepatan proses perijinan, penetapan protokol kesehatan di semua pelabuhan perikanan, relaksasi cek fisik dan penyederhanaan pelayanan kesyahbandaran serta penggunaan system informasi untuk mempercepat pelayanan.

Dalam kesempatan kali ini selain bantuan sembako dan APD diserahkan pula klaim asuransi nelayan tahun 2020 sebesar Rp 298.209.626. Penyerahan permodalan perbankan, penyerahan sertifikat ketrampilan penanganan ikan, sertifikat cara penanganan ikan yang baik (SCPIB), penyerahan kartu KUSUKA, dokumen persetujuan pembangunan kapal perikanan (P2KP) sebanyak 67 dokumen dan penyerahan kepesertaan BPJS Ketenaga kerjaan  baru sejumlah 616 orang.

Sementara itu anggota DPR RI Komisi IV Sunarna menambahkan agar segala macam bantuan dan fasilitasi yang diberikan oleh KKP agar dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat terutama nelayan di Kabupaten Cilacap.