705 PNS Pemkab Cilacap Terima SK Kenaikan Pangkat

0
79
Bupati Tatto Suwarto Pamuji menyerahkan SK Kenaikan Pangkat kepada salah satu perwakilan PNS
image_pdfimage_print

CILACAP – Sebanyak 705 PNS Pemkab Cilacap menerima Surat Keputusan Kenaikan Pangkat dalam acara Penyerahan Petikan Surat Keputusan Kenaikan Pangkat Periode 1 April 2021 bagi Aparatur Sipil Negara. Acara yang digelar di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Rabu (10/3) tersebut diikuti oleh 50 PNS sebagai perwakilan dan penyerahan SK Kenaikan Pangkat diberikan simbolis kepada 4 orang penerima.

Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Kepala BKPPD Warsono, Asisten Administrasi Umum Sekda Cilacap Uong Suparno, dan para pejabat di Pemkab Cilacap. Sedangkan 50 PNS yang ikut dalam acara tersebut sebagai perwakilan, terdiri dari Golongan I sebanyak 1 orang, Golongan II sebanyak  8 orang, Golongan III sebanyak 36 orang, Golongan IV sebanyak 5 orang.

Kenaikan pangkat tersebut berdasarkan pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2002 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2000 Tentang Kenaikan Pangkat Pegawai Negeri Sipil dijelaskan Kenaikan Pangkat merupakan penghargaan yang diberikan atas prestasi kerja dan pengabdian Pegawai Negeri Sipil terhadap negara.

Kepala BKPPD Warsono dalam sambutannya mengatakan bahwa pengusulan Kenaikan Pangkat di Pemkab Cilacap total sebanyak 761 orang terdiri dari Golongan I sebanyak 9 orang, Golongan II sebanyak 114 orang, Golongan III sebanyak 507 orang, Golongan IV sebanyak 131 orang. Sedangkan yang sudah terrealisasi sebanyak 705 orang dan sisanya sebanyak 56 orang masih dalam proses di BKN pusat maupun regional.

“Hambatan dalam proses kenaikan pangkat itu adalah karena sebenarnya pelaksanaan sudah secara paperless, tetapi ada yang belum atau terlambat mengupload dokumen secara digital ke dalam aplikasi e-file sehingga memperlambat proses pengusulan kenaikan pangkat. Selain itu juga ada yang terlambat dalam penyelesaian DP3 maupun SKP nya untuk tahun 2020,” jelasnya.

Kepala BKPPD juga menganjurkan agar nantinya PNS dapat mempelajari hal-hal yang menyangkut tekhnologi penunjang dalam kelancaran kenaikan pangkat.

“Mohon untuk dapat belajar berkenaan dengan IT sehingga bisa mengupload sendiri tidak perlu menunggu temannya menguploadkan nanti dampaknya pada kenaikan,” ujarnya.

Bupati dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada para PNS yang telah menerima SK Kenaikan Pangkat Periode 1 April 2021 dan juga berpesan kepada para PNS agar tidak hanya menjadi PNS yang biasa-biasa saja namun menjadi yang luar biasa.

 “Untuk menjadi luar biasa, kompetensi itu penting. Saat ini penguasaan tekhnologi itu penting untuk dikuasai, tetapi bagi PNS yang sudah agak sepuh biasanya agak susah. Nah ini untuk menjadi luar biasa harus bisa beradaptasi juga, harus mau belajar,” terangnya. (hen)