Bupati Pimpin Upacara Pembukaan Pelatihan Pertolongan BASARNAS Cilacap

0
34
Bupati Tatto Suwarto Pamuji pimpin Upacara Pembukaan Pelatihan Teknis Pertolongan di Ketinggian Bagi Potensi Pencari dan Pertolongan Angkatan I Tahun 2021 sekaligus meresmikan kegiatan pelatihan tersebut
image_pdfimage_print

CILACAP – Bupati Tatto Suwarto Pamuji pimpin Upacara Pembukaan Pelatihan Teknis Pertolongan di Ketinggian Bagi Potensi Pencari dan Pertolongan Angkatan I Tahun 2021 sekaligus meresmikan kegiatan pelatihan tersebut. Upacara bertempat di Lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan BASARNAS Cilacap pada Selasa (21/9).

Bupati menyampaikan dalam sambutannya bahwa dalam mendukung penyelenggaraan kegiatan pencarian dan pertolongan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kabupaten Cilacap harus terus mengoptimalkan sumber daya manusia potensi untuk mendukung penyelenggaraan operasi SAR.

“Pelatihan teknik SAR yang akan diberikan kepada para Potensi SAR diharapkan dapat mengurangi kecenderungan masyarakat untuk terlalu bergantung pada pemerintah dalam menghadapi kecelakaan, musibah maupun bencana,” jelasnya.

Selain itu, Bupati juga berpesan yaitu musibah dan bencana bisa dikurangi melalui kolaborasi antara BASARNAS dengan instansi pemerintah, swasta maupun kelompok hobi. Selama ini, menurut Bupati, banyak yang beranggapan bahwa urusan keselamatan hanya tanggung jawab pemerintah, namun perlu diketahui bahwa tugas SAR adalah tugas kita bersama.

“Pelibatan dan kerjasama dari 5 (lima) elemen masyarakat, yakni pemerintah, kalangan pengusaha, komunitas, media, dan akademisi, dapat memberikan sumbangsih dalam pemecahan masalah secara kolaboratif serta dengan mengesampingkan perbedaan-perbedaan dalam pelaksanaan Operasi Pencarian dan Pertolongan guna mempercepat dan mengefektifkan penyelamatan jiwa manusia,” terangnya.

Kegiatan Latihan Potensi SAR diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari 6 Kabupaten di Jawa Tengah yaitu Cilacap, Banyumas, Brebes, Purbalingga, Kebumen dan Purworejo. Pelatihan terdiri dari dua sesi yaitu sesi teori yang bertempat di Kantor BASARNAS mulai dari tanggal 21 – 23 September 2021 dan sesi praktek bertempat di Gunung Selok mulai dari tanggal 24 – 25 September 2021.

Direktur Bina Potensi BASARNAS Pusat Mochamad Hernanto menyampaikan bahwa peserta nantinya akan dilatih mengenai teknik pertolongan di ketinggian seperti ketika sedang dalam pendakian gunung maka peserta akan dapat mengevakuasinya.

“Kantor SAR ini personilnya tidak lebih dari 100 kemudian masih dibagi ke dalam beberapa pos. Maka dari itu yang akan membantu dan menjadi perpanjangan tangan kita adalah masyarakat potensi SAR ini, yaitu dengan cara memberi pelatihan serta sosialisasi,” ungkapnya.

Turut Hadir dalam Upacara Pembukaan tersebut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Wijonardi, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Cilacap I Nyoman Sidakarya, Camat Cilacap Selatan Bintang Dwi Cahyono, serta perwakilan Forkopimda dan unsur masyarakat lainnya. (hen)

Bupati berfoto bersama peserta pelatihan dan tamu undangan yang hadir