Bupati Sambut Kedatangan KRI Bima Suci di Pelabuhan Tanjung Intan

0
241
KRI Bima Suci 945 memasuki pelabuhan Tanjung Intan Cilacap dengan latar belakang pulau Nusakambangan.
image_pdfimage_print

CILACAP – Pelabuhan Tanjung Intan Cilacap menjadi persinggahan kapal latih TNI Angkatan Laut KRI Bima Suci-945 pada Kamis (21/10). Kapal tersebut singgah dalam misi Operasi Kartika Jala Krida Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan 68 dengan 77 taruna pria dan 12 taruna wanita.

Kedatangan KRI Bima Suci disambut oleh Sekretaris Lembaga (Seklem) AAL Laksamana Pertama Syamsul Rizal, S.H., M.M., CHRMP. beserta jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap di dermaga 6 pelabuhan Tanjung Intan.

Menurut Komandan KRI Bima Suci Letkol (P) Waluyo, Operasi Kartika Jala Krida juga sebagai latihan praktek (Lattek) taruna AAL utamanya dalam pelayaran astronomi. “Kegiatan ini membawa misi mendukung latihan praktek taruna Akademi Angkatan Laut angkatan 68 untuk menerapkan seluruh materi yang sudah diterimakan ketika mereka masih belajar di Akademi Angkatan Laut, utamanya adalah Lattek untuk menggunakan benda-benda angkasa,” kata perwira asli Kebumen itu.

Dipergunakannya benda-benda angkasa tersebut manakala peralatan kapal rusak atau disabotase oleh pihak lain. Untuk itu taruna harus memahami dan mampu menggunakan benda-benda angkasa sebagai prinsip dasar.

KRI Bima Suci mengemban misi selama 99 hari yang diawali di Surabaya pada 26 Juli 2021 dan direncanakan selesai pada 2 Nopember 2021 dengan singgah di Labuan Bajo, Tual, Raja Ampat, Morotai, Sei Panca, Tarakan, Ranai, Sabang, Nias, Cilacap, Bali, dan kembali ke Surabaya. “Kita melewati 13 pelabuhan. (Tanjung Intan) ini adalah pelabuhan yang ke-11,” tambah Letkol (P) Waluyo.

Pengalungan bunga oleh Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji ketika menyambut kedatangan Komandan KRI Bima Suci Letkol (P) Waluyo.

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji yang turut menyambut kedatangan KRI Bima Suci berharap agar momen ini menjadi semangat dan inspirasi bagi generasi muda di Kabupaten Cilacap untuk lebih mencintai dunia kemaritiman khususnya Angkatan Laut.

“Saya atas nama pribadi dan Forkopimda menyampaikan terimakasih kepada AAL yang mana KRI Bima Suci telah singgah di Cilacap. Ini peristiwa langka. Ini akan membawa semangat anak-anak muda untuk menjadi pelaut, menjadi Angkatan Laut, mencintai laut. Selain itu juga untuk memberikan semangat membangun republik ini khususnya dibidang kemaritiman. Kekayaan maritim ini tidak akan habis, perlu dijaga dengan pertahanan yang ada di laut,” kata Bupati.

KRI Bima Suci adalah kapal layar tiang tinggi yang mulai dibangun pada tahun 2016 di galangan kapal Freire Shipyard di kota Vigo Spanyol. Kapal tersebut menggantikan peran KRI Dewa Ruci yang dibangun pada tahun 1952. Rencananya kapal akan singgah selama empat hari dan open ship untuk masyarakat Kabupaten Cilacap dengan penerapan protokol kesehatan.