Bupati : Tahun 2021 Tahun Pematangan Adaptasi

0
99
Bupati H Tatto Suwarto Pamuji ketika menjadi apel pagi awal tahun 2021 di lingkungan Pemkab Cilacap.
image_pdfimage_print

CILACAP – Mengawali kegiatan kedinasan di awal tahun, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan bahwa tahun 2021 sebagai pematangan adaptasi. Ini artinya penerapan pola kehidupan baru sebagai dampak dari pandemi covid-19 harus semakin ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan Bupati pada saat menjadi pembina apel pagi di lingkungan Pemkab Cilacap pada hari Senin (4/1/21) di halaman pendopo Wijayakusuma Cakti dengan penerapan protokol kesehatan. Apel diikuti oleh karyawan dan karyawati Sekretariat Daerah serta dihadiri oleh Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih, para kepada OPD dan BUMD.

“Kenapa disebut adaptasi, karena sepanjang tahun 2020 lalu seluruh dunia dihadapkan dengan situasi yang sangat sulit, ekonomi terguncang, instalasi kesehatan kewalahan, sekolah serta lembaga pendidikan lainnya diliburkan, kegiatan sosial dan keagamaan banyak yang terganggu atau tertunda dan urusan pemerintahan dalam hal pelayanan masyarakat harus mencari model atau metode baru,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengingatkan juga akan bahaya virus baru yang merupakan mutasi dari covid-19 yaitu VUI-202012/01. Dengan gejala yang sama dengan covid-19, virus ini 70% lebih kuat daya transmisinya antar manusia.

“Hal ini menyebabkan penyebaran covid-19 semakin cepat, sehingga kedepannya semakin penuh tantangan dan penuh perjuangan untuk adaptasi yang semakin matang,” lanjut Bupati.

Para pejabat, Kepala OPD dan BUMD.

Bangga Mbangun Desa

Menurut Bupati, semangat Bangga Mbangun Desa bisa menjadi pilar-pilar dalam beradaptasi, karena didalamnya mencakup empat aspek dalam pembangunan, yaitu Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi, dan Lingkungan Sosial Budaya.

“Pada pilar Kesehatan kita harus siap dalam keadaan apapun, untuk menghadapi Covid-19 ini termasuk siap dalam  3T, Testing, Tracing and Treatment. Ini adalah upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19 selain 3M, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci tangan,” jelas Bupati dalam pilar Kesehatan.

Mengakhiri sambutannya Bupati berpesan kepada seluruh peserta apel untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat dan menjadikannya budaya hidup.

“Hidup sehat harus menjadi budaya hidup dan hidup sehat harus menjadi patok budaya baru dalam menghadapi wabah  Covid-19 ini,” pungkasnya.

Peserta apel pagi dari jajaran Sekretariat Daerah Cilacap.