Cilacap Bisnis Forum 2021, Bupati : Tingkatkan Kualitas UMKM Untuk Bisa Bersaing

0
255
Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji saat mencoba salah satu produk UMKM Cilacap Gitar Akustik Buatan Suwanto, perajin gitar Desa Karangsari Kecamatan Adipala pada Gelaran Cilacap Bisnis Forum 2021.
image_pdfimage_print

CILACAP – Kabupaten Cilacap kembali menggelar Cilacap Bisnis Forum (CBF) 2021, gelaran CBF kali ini dilaksanakan di ballroom Fave Hotel Cilacap. Acara yang launching oleh Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji Jumat (28/5) dihadiri pula oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, dan pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap.

Pada CBF kali ini DPMPTSP Kabupaten Cilacap fokus untuk menaikan potensi pariwisata dan UMKM Cilacap, hal ini disebabkan sektor pariwisata dianggap masih lemah dalam hal pemasaran. Selain itu pengembangan pariwisata di desa perlu untuk ditingkatkan dengan menggandeng Bumdes yang sudah terbentuk.

“Kabupaten Cilacap memiliki obyek wisata dan produk UMKM yang bagus, tetapi pemasarannya masih minim. Untuk itu kita mengundang Asosiasi Pengusaha Pariwisata Indonesia untuk mengenalkan dan ikut membantu memasarkan potensi yang ada,” kata  Kepala DPMPTSP Cilacap Dian Arinda Murni.

Lebih lanjut disampaikan pada CBF 2021 kali ini dilaksanakan penandatangan Letter Of Intens (LoI) antara Bupati Cilacap dengan 6 investor dengan total jumlah investasi mencapai Rp 108,5 milyar.

Bupati Tatto S. Pamuji mengundang para investor untuk berinvestasi di Kabupaten Cilacap, selaion itu juga meminta kepada UMKM Cilacap untuk meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing dengan produk dari luar. Bupati juga berharap ada satu produk unggulan UMKM di satu Kecamatan.

“Pasar moderen harus menyediakan tempat untuk produk-produk UMKM, tapi UMKM juga harus meningkatkan kualitasnya sehingga bisa bersaing kalau ada produk yang tidak bagus jangan dipasarkan itu salah saya,” kata Bupati.