Dandim tutup TMMD Sengkuyung tahap III 2018 di Wringinharjo Gandrungmangu

0
308
image_pdfimage_print

HUMAS CILACAP. Komandan Kodim 0703 Cilacap, Letkol Inf. Yudi Purwanto menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa/TMMD Sengkuyung tahap III Tahun 2018, di lapangan Desa Wringinharjo Kecamatan Gandrungmangu, Selasa (13/11).

Penutupan TMMD dilakukan dalam satu upacara dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Taswan, Forkompimda Cilacap, para Kepala SKPD, Pimpinan BUMN/BUMD, Persit Kartika Candra Kirana, Jalasenastri, Bhayangkari, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lain.

Penutupan ditandai dengan penyerahan naskah hasil proyek TMMD Sengkyung Tahap III dari Dandim 0703 Cilacap, Letkol Inf. Yudi Purwanto kepada Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Pasiter Kodim 0703/ Cilacap, Kapten Inf Marjono dalam laporannya menyampaikan, Kegiatan TMMD sengkuyung Tahap III Tahun 2018 dilaksanakan mulai tanggal 15 Oktober sampai dengan tanggal 13 Nopember 2018.

Sejumlah kegiatan fisik yang berhasil dirampungkan dalam TMMD tahap III, antara lain pengaspalan jalan sepanjang 900 meter kali 3 meter, pembangunan jembatan sebanyak dua unit, pembangunan gorong-gorong 1 unit, dan pemugaran RTLH sebanyak 14 unit.

Sedang kegiatan non fisik dilaksanakan antara lain, pengobatan gratis, pengobatan ternak, pelayanan KB, pembuatan kartu kuning gratis, akta kelahiran gratis, penyuluhan bencana alam, Bela Negara, narkoba, pengolahan industri kecil. Serta sosialisasi Perda dan Trantibummas, bantuan alat pertanian, dan  olah raga.

TMMD Sengkuyung tahap III menelan anggaran sebesar Rp. 487.200.000,- terdiri dari APBD Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp.187.200.000.- dan APBD Kabupaten Cilacap sebesar Rp. 300.000.000.

Dalam sambutan tertulisnya Kepala Staf TNI AD, Jendral TNI Mulyono yang dibacakan Dandim 0703 Cilacap,  menyampaikan, disetiap kegiatan TMMD kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan dan kegotong royongan yang terpancar disetiap wajah dan sekaligus cucuran keringan masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan.

Hal ini menurut Kasad, menjadi refleksi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi, misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat.

Semangat kebersamaan seperti inilah yang merupakan hakekat dari kemanunggalan TNI dan rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta dipelihara. Kemangunggalan ini merupakan aktualisasi peran TNI dalam mewujudkan seluruh potensi wilayah dan masyarakat sebagai pendorong kemajuan bangsa yang bermuara pada terbentuknya kekuatan pertahanan nasional yang kokoh.

Oleh karena itu, Kasad selaku penanggung Jawab TMMD menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Gubernur, Bupati, Walikota, Instansi Kementerian terkait dan khususnya kepada seluruh masyarakat yang telah bahu membahu bersama prajurit TNI mewujudkan pembangunan daerah yang menjadi sasaran pelaksanaan TMMD.

Pada kesempatan tersebut, Bupati dan Forkompimda, menyerahkan sejumlah bantuan kepada masyarakat, mulai dari bantuan laptop untuk pemerintah desa Wringinharjo,  dan bantuan beras untuk masyarakat kurang mampu sebanyak 500 kg. (hromly)