Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Terbaik I Tingkat Provinsi Jateng Dalam Tertib Arsip

0
226
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam Kunjungan Komprehensif Kedinasan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Deputi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, dan Anggota Komisi II DPR RI
image_pdfimage_print

CILACAP – Arsip Nasional Republik Indonesia apresiasi Desa Bulupayung Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap sebagai Desa Terbaik I Tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Tertib Arsip. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala ANRI Imam Gunarto dalam rangka Kunjungan Kerja di Ruang Gadri Komplek Rumah Dinas Bupati Cilacap pada Selasa (07/12/21).

“Kami laporkan kepada Bapak Bupati bahwa sejak Senin (06/12/21) kemarin sudah mengunjungi Segara Anakan dan juga ke Desa Bulupayung yaitu Desa Terbaik Desa Tertib Arsip Terbaik di Provinsi Jawa Tengah. Saya sebagai warga Cilacap bangga ternyata ada Desa yang sangat apresiasi di bidang kearsipan,” kata Kepala ANRI.

Selain desa Bulupayung, dikatakan juga bahwa Kabupaten Cilacap telah menjadi contoh dalam Kabupaten yang tertib arsip dalam waktu yang cukup lama. Bahkan Cilacap telah beberapa kali meraih predikat terbaik dalam pengelolaan arsip di tingkat Pemprov Jateng.

“Dan Kabupaten Cilacap sudah menjadi Kabupaten Terbaik di bidang Kearsipan sejak beberapa tahun yang lalu, bahkan menjadi mentornya Kabupaten yang lain. Sehingga proses penilaian kearsipan untuk Kabupaten Cilacap itu sampai di stop oleh Pemprov Jateng karena Cilacap tidak boleh ikut karena kalau ikut menang terus,” ucapnya.

Oleh karena itu, kunja ANRI dilakukan sebagai pendalaman untuk program kerja di Tahun 2022 yaitu Tertib Arsip, Transformasi Digital, dan Memori Kolektif Bangsa.

“Program yang kedua, kita memang harus berubah ke sistem digital. Bahwa kita ingin mengubah sistem pemerintahan yang manual ke sistem pemerintahan yang berbasis elektronik, kearsipan termasuk salah satu didalamnya. Untuk program yang ketiga, terkait kunjungan ke Segara Anakan, ini arsipnya tetap milik dari Kabupaten Cilacap namun memorinya adalah menjadi memori milik bangsa,” ujarnya.

Turut hadir dalam Kunjungan Komprehensif Kedinasan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Deputi Lembaga Administrasi Negara (LAN) RI, dan Anggota Komisi II DPR RI tersebut Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman serta para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap.

Anggota Komisi II DPR RI Tetty Rohatiningsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa terkait tata kelola arsip pada jaman revolusi industri 4.0 tentu dituntut untuk serba digital sehingga kegiatan pengarsipan diharuskan untuk menyesuaikan teknologi yang ada.

“Dalam menjalankan prokernya, setiap Kementerian, Lembaga maupun Daerah harus meletakkan programnya dalam konteks jaman dan perkembangan tidak terkecuali ANRI. Saat ini ketika dunia memasuki era revolusi industri 4.0, ANRI memiliki tantangan yang cukup besar diantaranya adalah arsip yang tercipta harus mengarah kepada arsip yang berbasis teknologi digital,” jelasnya. (hen)