Evaluasi Penanganan Covid-19 Untuk Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

0
50
Evaluasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Cilacap dihadiri oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji di ruang Jalabhumi.
image_pdfimage_print

CILACAP – Meningkatnya jumlah warga yang terjangkit covid-19 menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Cilacap. Untuk itu upaya pencegahan dan penanganannya agar lebih ditingkatkan, utamanya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.

Hal tersebut disampaikan Bupati Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya pada acara Evaluasi Pencegahan dan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Cilacap pada hari Senin (16/11). Acara dilaksanakan di ruang Jalabhumi kantor Pemkab Cilacap yang dihadiri oleh Forkopimda, Sekretaris Daerah (Sekda) Farid Ma’ruf, para Asisten Sekda, kepala OPD, Camat se-Kabupaten Cilacap dan jajaran TNI/POLRI.

Beberapa hal disampaikan oleh Bupati, diantaranya evaluasi pemberlakuan pembatasan aktivitas masyarakat dan penerapan protokol kesehatan di tempat umum.

“Penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19 benar-benar harus kita perhatikan dan tindaklanjuti penanganannya. Banyak yang harus kita evaluasi kembali, seperti pemberlakuan kembali jam malam untuk toko, cafe, dan rumah makan. Pemberlakuan kembali ijin tempat ibadah, memperketat protokol kesehatan, dan lain-lain,” kata Bupati.

Menurut Bupati, hal ini cukup beralasan, karena Kabupaten Cilacap masuk dalam zona merah atau wilayah resiko tinggi seiring meningkatnya kasus terkonfimasi covid-19.

Untuk itu perlu aksi dan sosialisasi lebih masif lagi dari semua pihak sebagai upaya peningkatan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan serta pola hidup bersih dan sehat.

“Saya akan mengevaluasi, turun ke kecamatan dan desa untuk mengingatkan kembali kepada warga apa itu pakai masker, jaga jarak aman, cuci tangan dan sebagainya. Namun ada yang lebih penting lagi bagaimana menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjadi polisi bagi dirinya sendiri, keluarga dan masyarakat,” tambah Bupati.

Pada evaluasi tersebut turut dipaparkan situasi covid-19 di Kabupaten Cilacap oleh Sekda Farid Ma’ruf dan juga arahan dari Forkopimda. Acara ditutup dengan tanya jawab yang dipandu oleh Sekda.