Forkopimda dan Elemen Masyarakat Tandatangani Nota Kesepakatan Ciptakan Situasi Aman, Damai dan Kondusif

0
77
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menandatangani nota kesepakatan untuk menjaga situasi keamanan dam ketertiban masyarakat yang aman, damai, dan kondusif.
image_pdfimage_print

CILACAP – Sebagai bangsa yang besar, sudah seharusnya rakyat Indonesia tidak melupakan sejarah dan perjuangan para pendahulu. Para pendiri bangsa dari beragam latar belakang bersatu untuk memperjuangkan kemerdekaan dalam satu kesatuan Negara Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Cilacap dalam sambutannya pada acara Rapat Koordinasi (Rakor) Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Rakor dihadiri oleh para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan Ormas/LSM, dan akademisi. Kegiatan diselenggarakan di pendopo Wijayakusuma Cakti pada Senin (19/10).

“Menengok sejarah bangsa ini, dimana dulu para pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan dari tahun 1908, 1928 sampai 1945. Kita mempunyai banyak kepulauan, etnis, agama, dan bahasa semua berikrar saya bangsa Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia. Berbahasa satu bahasa Indonesia,” kata Bupati.

Rakor Forkopimda dihadiri oleh para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap, tokoh agama, tokoh masyarakat, pimpinan Ormas/LSM, dan akademisi.

Dari perjalanan sejarah tersebut rakyat Indonesia mengetahui bahwa keberagaman itulah yang membentuk Indonesia menjadi bangsa yang besar. Tentunya hal tersebut harus dijaga dengan memperkuat persatuan dan kesatuan oleh seluruh elemen bangsa.

“Kita terlanjur menjadi bangsa Indonesia, yang tentunya penuh dengan keanekaragaman. Pembangunan yang dijalankan selama ini jangan sampai rusak oleh kepentingan-kepentingan segelintir pihak yang anarkis,” lanjut Bupati.

Untuk itu Bupati mengajak semua elemen masyarakat untuk menyatukan langkah dalam rangka menciptakan kondusivitas di wilayah Kabupaten Cilacap. Utamanya dalam menghadapi dan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang muncul berkenaan dengan tindakan aksi anarkis.

Pada kesempatan tersebut dibacakan deklarasi untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman, damai, dan kondusif dari tindakan anarkis oleh ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap KH. Achmad Shoim El Amin,Lc dan penandatanganan nota kesepakatan.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Cilacap KH. Achmad Shoim El Amin,Lc ketika membacakan deklarasi.