Gebrak Gotong Royong 2019 Bupati Laksanakan Rehab Rumah Tidak Layak Huni

0
395
Bupati Cilacap Tatto S Pamuji Laksanakan Rehab Rumah Tidak Layak Huni dalam Gebrak Gotong Royong 2019
image_pdfimage_print

CILACAP-Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Jumat (11/04) pagi bersama dengan masyarakat Keluruhan Mertasinga Cilacap Utara melakukan Gerakan Bersama Rakyat/Gebrak gotong royong.

Gebrak gotong royong yang dilaksanakan di Dusun Lengkong di hadiri oleh para kepala OPD di kabupaten Cilacap, perwakilan PT. Solusi Bangun Indonesia, Direktur Bank Jateng Cabang Cilacap serta diikuti ratusan warga masyarakat. Bupati Bersama-sama warga masyarakat melakukan gotong royong membersihkan jalan dan lingkungan sekitar Dusun dan rehab rumah tidak layak huni.

Menurut Kepala Dispermades Kabupaten Cilacap Achmad Arifin selaku penyelenggara, kegiatan gebrak gotong royong masyarakat desa/keluruhan merupakan pelaksanaan peran aktif masyarakat melalui Gerakan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten Cilacap tahun 2019.

Gebrak gotong royong bertujuan untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa Indonesia, meningkatkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan. Sekaligus untuk meningkatkan rasa memiliki dan rasa tanggung jawab masyarakat terhadap hasil-hasil pembangunan.

Menurut Bupati, adanya partisipasi aktif dari masyarakat dalam mendukung pembangunan melalui gotong royong ini, tentunya sangat sejalan dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa.

Hal semacam ini akan terus didorong, guna menumbuhkan partisipasi dan semangat gotong royong masyarakat dalam mengoptimalkan pemanfaatan segenap potensi yang ada di desa dan di kota, bupati juga mengajak agar selain masyarakat peran serta pihak – pihak swasta dapat di ikutkan dalam kegiatan ini untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, ujar Bupati.

Pada kesempatan yang sama Bupati Cilacap menyerahkan bantuan rehab rumah tidak layak huni, bantuan dari PT. Solusi Banguan Indonesia sebanyak 10 unit rumah. Bupati juga berkesempatan untuk meninjau dan bersama masyarakat bergotong royong dalam pelaksanaan rehab rumah tidak layak huni.