Hari Santri 2020, Komitmen Bersama Pesantren Melawan Pendemi Covid-19

0
71
Bupati menjadi Inspektur upacara peringatan Hari Santri tahun 2020 tingkat Kabupaten Cilacap.
image_pdfimage_print

CILACAP – Hari Santri Nasional 2020 diperingati dengan upacara bendera yang dilaksanakan di halaman pendopo Wijayakusuma Cakti Cilacap, Kamis (22/10). Upacara bendera dilaksanakan dengan jumlah peserta yang terbatas.  Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Hadir dalam acara tersebut Kapolres Cilacap AKBP Derry Agung Wijaya, perwakilan Forkopimda, Kepala Kantor Kementerian Agama Cilacap Imam Tobroni, para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap, serta para tokoh agama dan masyarakat.

Hari Santri tahun 2020 kali ini mengusung tema “Santri Sehat Indonesia Kuat”. Dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Cilacap, Menteri Agama Fachrul Razi menyampaikan tema tersebut diambil sebagai jawaban komitmen bersama untuk mendorong pesantren agar bisa melewati pandemi covid-19 yang tengah melanda dunia.

“Saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi covid-19 ini dengan baik, Insyaallah, negara kita juga akan sehat dan kuat,” kata Menteri.

Lebih lanjut menteri menyampaikan bahwa pesantren adalah entitas yang rentan terhadap persebaran covid-19. Akan tetapi dengan kedisiplinan dan kehati-hatian, banyak pesantren yang berhasil melakukan pencegahan dan pengendalian dampak covid-19.

Bupati dalam kesempatan yang sama menyampaikan selamat atas diperingatinya hari santri nasional seraya berharap agar santri kedepan harus siap menghadapi era globalisasi tapi harus tetap mempertahankan nilai-nilai budaya.

“Tantangan santri kedepan lebih berat lagi, oleh karena itu santri harus siap menghadapi era globalisasi tapi tetap nilai-nilai budaya dipertahankan dan semangat para kyai harus diteruskan,” kata Bupati.

Usai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan istighosah yang diikuti oleh para pejabat, tokoh masyarakat dan tokoh agama.  Istighosah ditujukan agar pendemi covid-19 yang sedang dialami segera berakhir.