IGA 2020, Cilacap Raih Penghargaan Kabupaten Sangat Inovatif

0
62
Ketua Penyelenggara IGA 2020, Agus Fatoni yang juga merupakan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (BPP) Kemendagri menyerahkan penghargaan kepada Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman.
image_pdfimage_print

CILACAP – Kabupaten Cilacap menjadi salah satu peraih penghargaan sebagai Kabupaten Sangat Inovatif pada Innovative Government Award (IGA) 2020. IGA diberikan kepada sejumlah pemerintah daerah (pemda) yang dinilai Terinovatif dan Sangat Inovatif di Indonesia. Acara Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, pada malam puncak IGA di The Sultan Hotel and Residence, Jumat (18/12) dengan mengikuti Protokol Kesehatan PSBB Pandemi Covid-19 secara ketat.

Wakil Bupati (Wabup) Cilacap Syamsul Auliya Rachman yang hadir untuk menerima penghargaan tersebut merasa bangga dan bersyukur atas keberhasilan yang diraih oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap.

“Saya bersyukur atas penghargaan yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap yaitu Innovative Government Award. Penghargaan ini merupakan penilaian, apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan inovasi pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif,” kata Wabup usai menerima penghargaan.

Wabup berharap dengan diraihnya penghargaan ini akan meningkatkan pelayanan publik, pemerintahan dan pembangunan di daerah.

“Dengan adanya penghargaan ini semoga mendorong dan memotivasi pemerintah daerah kami, Kabupaten Cilacap untuk terus melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan dan pembangunan di daerah,” tambah Wabup.

Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian pada malam puncak IGA 2020.

Mendagri Dorong Inovasi Daerah

Mendagri Muhammad Tito Karnavian, dalam sambutannya pada acara penghargaan tersebut mengatakan bahwa IGA merupakan salah satu upaya untuk mendorong agar Pemda se-Indonesia semakin berinovasi tinggi dalam mengelola pemerintahan.

“Dengan demikian, publik semakin dilayani dengan tepat dan efisien oleh pemda. Dalam masa otda (otonomi daerah), sudah sewajarnya bahwa ‘inovasi’ merupakan kata kunci penting bagi pemda,” kata Mendagri

Lebih lanjut, Mendagri berpesan agar dalam menggelar pemerintahan, pemda selalu terampil dalam mengharmonisasikan bauran antara garis kebijakan Pemerintah Pusat dengan inisiatif daerah. Dengan demikian, efek dari inisiatif daerah, akan selalu selaras dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat. “Dalam inovasinya, sudah tentu pemda pun harus memerhatikan harmonisasi tersebut,” kata Mendagri.

Penyelenggara IGA adalah Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan dengan mitra Majalah TopBusiness. Kegiatan yang diawali pada tahun 2007 ini merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemda dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif. Selain menerima penghargaan, pemerintah daerah terinovatif juga mendapatkan dana insentif daerah.

Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini diharapkan dapat mendorong dan memotivasi Pemda untuk terus melakukan inovasi daerah dibidang peningkatan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman (ketiga dari kanan) berfoto bersama penerima penghargaan dari kabupaten-kabupaten lain.