Jalan Palil Desa Ciwuni Wujud Pembangunan Kerakyatan

0
55
Bupati Tatto Suwarto Pamuji dan Ketua TP PKK Ny. Teti Rohatiningsih berjalan kaki meninjau jalan Palil di Desa Ciwuni Kecamatan Kecugihan.
image_pdfimage_print

CILACAP – Akses jalan di wilayah Desa Ciwuni Kecamatan Kesugihan kini semakin mudah dengan selesainya pengaspalan jalan Palil. Jalan tersebut diaspal secara swadaya dan dibantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah. Peresmian dilakukan oleh Bupati Cilacap pada Sabtu (10/10).

Turut hadir pada peresmian tersebut anggota DPRD Sindy Syakir, Ketua Tim Penggerak PKK Ny. Teti Rohatiningsih, para kepala OPD, Forkopincam, para kepala desa di kecamatan Kesugihan dan masyarakat.

Sebelum peresmian, Bupati berkesempatan untuk meninjau pelaksanaan kerja bakti masyarakat di sepanjang jalan Palil. Dalam sambutannya Bupati berharap agar adanya jalan Palil ini dapat melancarkan arus lalulintas dan aktivitas penunjang perekonomian masyarakat.

“Pembangunan jalan ini tentunya menunjang kelancaran lalulintas serta berbagai aktivitas warga masyarakat Desa Ciwuni, sehingga diharapkan akan semakin memperlancar kegiatan perekonomian yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati mengatakan bahwa sudah sewajarnya apabila pembangunan infrastuktur pendukung lancarnya kegiatan perekonomian memang perlu dilakukan secara terus menerus, terpadu dan berkesinambungan. Pembangunan ini melibatkan semua pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun swasta serta menjadi prioritas utama dalam rencana strategis dan kebijakan pembangunan di Kabupaten Cilacap.

“Salah satu wujud upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Cilacap adalah melalui kebijakan Bangga Mbangun Desa. Bangga Mbangun Desa merupakan konsep pembangunan kerakyatan dengan pendekatan pemberdayaan masyarakat, dan memprioritaskan wilayah pedesaan sebagai sasaran utamanya,” tambah Bupati.

Apresiasi diberikan Bupati kepada masyarakat Desa Ciwuni karena kebijakan tersebut direspon positif. Untuk itu sudah selayaknya kebijakan Bangga Mbangun Desa ini untuk diteruskan menuju Kabupaten Cilacap yang sejahtera secara merata.

Menurut Camat Kesugihan Basuki Priyo Nugroho, jalan Palil dibangun dengan dana swadaya dan bantuan Pemprov Jawa Tengah.

“Volumenya 700 x 2,5 meter, dibangun dengan dana swadaya masyarakat sebesar Rp 20 juta dan bantuan Pemprov Jawa Tengah tahun 2020 sebesar Rp 200 juta,” kata Camat Basuki.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita, penandatanganan prasasti dan pemotongan tumpeng. Selain itu diserahkan pula sejumlah bantuan kepada kelompok tani di wilayah Kecamatan kesugihan serta santunan.