Kerjabakti Bersih Pantai Kemiren, Bupati : Pantai Harus Diselamatkan

0
83
Bupati laksanakan kerjabakti bersih pantai di Kemiren.
image_pdfimage_print

CILACAP – Untuk mengembalikan kondisi pantai yang bersih, indah, dan melindungi, dilaksanakan kerjabakti bersih-bersih di sepanjang pantai Kemiren kelurahah Tegalkamulyan kecamatan Cilacap Selatan. Kegiatan bersih pantai dilaksanakan pada Jum’at (15/10) pagi sekaligus peninjauan abrasi pantai Kemiren akibat gelombang tinggi.

Seperti diketahui bahwa sepanjang pantai Kemiren mengalami abrasi akibat gelombang tinggi, hal ini mengakibatkan sejumlah tanggul jebol. Selain itu itu abrasi juga telah menumbangkan sejumlah pohon cemara laut yang juga berfungsi sebagai benteng pelindung pantai.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap Wijonardi, penanganan abrasi pantai Kemiren segera ditindaklanjuti dengan upaya koordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) serta meminta bantuan pemerintah pusat untuk membangun tanggul permanen.

“Abrasi ini disebabkan adanya gelombang tinggi di bulan Oktober yang mungkin akan masih terjadi sampai akhir bulan menurut BMKG. Beberapa langkah yang sudah kita lakukan dan akan dilaksanakan adalah dengan menormalisasi sementara kedaruratan dengan bantuan dari BBWS. Besok akan datang alat berat dan semua perlengkapannya untuk mengembalikan tanggul yang jebol. Untuk perbaikan permanen sudah ada design engineering detail, Insha Allah tahun ini akan selesai. Pak Bupati juga sudah mengirim surat ke kementerian untuk permohonan pembangunan tanggul pantai permanen di Cilacap,” kata Wijonardi usai pelaksanaan bersih pantai.

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji mengapresiasi kegiatan bersih pantai sebagai bentuk penyelamatan lingkungan, khususnya pantai.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama melaksanakan kerja bakti bersih pantai. Dengan adanya abrasi seperti ini, pantai jadi kotor, tanggul jebol, tanahpun tergeser. Tetapi semangat dan kemauan dari warga untuk bersih pantai ini sangat luar biasa. Hampir semua unsur masyarakat hari ini bersama-sama membersihkan pantai agar bersih. Pantai harus diselamatkan,” kata Bupati.

Kegiatan kerjabakti bersih pantai dilaksanakan oleh OPD, TNI dan warga masyarakat sekitar pantai. Selain itu juga melibatkan PT SBI dan S2P.