KKP RI Hibahkan Tanah dan Bangunan Kepada Pemkab Cilacap

0
86
Penyerahan Hibah Tanah dan Bangunan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI kepada Pemkab Cilacap secara simbolis
image_pdfimage_print

CILACAP – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia berikan Hibah Tanah/Bangunan Kantor Stasiun PSDKP Cilacap kepada Pemkab Cilacap. Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) untuk hibah tersebut dilakukan di Ruang Gadri Komplek Rumah Dinas Bupati pada Jumat (24/9).

Pendandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) dilakukan oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, dan Kepala Stasiun PSDKP Cilacap Moh Hudawi disaksikan oleh Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Kepala Biro Keuangan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI Cipto Hadi Prayitno, serta Sekretaris Direktorat Jenderal PSDKP Suharta. Acara penandatanganan kemudian dilanjutkan dengan tukar menukar souvenir.

Kabiro KKP RI menyampaikan Hibah Tanah/Bangunan yang dilakukan pada kesempatan kali ini adalah rangkaian dari kerjasama yang telah dilakukan oleh Pemkab Cilacap dan KKP RI.

“Sebelumnya Pemkab Cilacap memberikan Hibah kepada KKP guna operasional pelayanan perkantoran dan mendukung pengawasan zona daerah kelautan di Pelabuhan Penyeberangan Lomanis, Kemiren. Hari ini, kami yang akan menghibahkan dari KKP kepada Pemkab Cilacap. Hal ini menunjukkan bahwa sinergi yang baik telah terjalin antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah yaitu Pemkab Cilacap,” jelasnya.

Objek hibah yang diberikan adalah barang milik negara Kementerian Kelautan dan Perikanan berupa tanah, bangunan, peralatan dan mesin, dan jaringan yang terletak di Jalan Bima Kelurahan Kebonmanis Kecamatan Cilacap Utara dengan total nilai aset sebesar Rp 4.492.979.000.

“Dengan dilakukannya serah terima hibah berupa tanah/banguna yang telah ditandatangani maka menandai beralihnya Barang Milik Negara (BMN) KKP menjadi Barang Milik Daerah. Tentunya dengan ini beralih juga tanggungjawab dari KKP kepada Pemerintah Daerah,” terangnya.

Sekretaris Ditjen PSDKP mengucapkan terimakasih karena telah diberikan hibah untuk nantinya dapat meningkatkan pengawasan khususnya dalam segi perikanan. Sehingga harapannya ekonomi di Cilacap pada sektor perikanan dapat menjadi prioritas utama.

“Nantinya adalah tinggal bagaimana kita dapat menarik investor untuk penangkapan, karena untuk industri saya pikir Cilacap adalah tempat yang tepat karena merupakan muka samudera hindia bagian selatan. Karena ini memang harapannya untuk pemerataan ekonomi,” ucapnya.

Bupati menyambut baik atas kerjasama KKP RI bersama dengan Pemkab Cilacap. Bupati juga mengajak seluruh jajaran Pemkab Cilacap untuk dapat memanfaatkan dan mengelola secara optimal hibah yang telah diberikan dengan sebaik-baiknya, dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Besar harapan kami, bantuan dan dukungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia kepada Kabupaten Cilacap dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” ungkapnya. (hen)