Konsultasi Publik RKPD 2022, Bupati Tegaskan Bangga Mbangun Desa Menjadi Acuan

0
47
Konsultasi Publik RKPD Tahun 2022.
image_pdfimage_print

CILACAP – Diawal tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap melalui Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) menyelenggarakan konsultasi publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2022.

Acara diselenggarkan di ruang Jalabumi Pemkab Cilacap pada Rabu (6/1) yang dihadiri oleh Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah (Sekda) Farid Ma’ruf, Ketua TP PKK Ny. Teti Rohatiningsih dan para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap.

Acara juga diikuti para kepala OPD, pimpinan BUMN/BUMD/Perusda, Perguruan Tinggi, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Sosial, Organisasi Profesi dan Lembaga Swadaya Masyarakat secara virtual.

Dalam sambutan pembukaannya, Bupati mengatakan bahwa forum konsultasi publik RKPD bisa dimanfaatkan untuk memberikan saran dan masukan untuk penyempurnaan rancangan awal penyusunan rencana kerja pembangunan daerah di tahun 2022.

“Kegiatan ini bertujuan agar koordinasi dan konsultasi antar pemangku kepentingan untuk menyusun kebijakan, program dan kegiatan pembangunan daerah, yang muara akhirnya adalah tersusunnya Rencana Kerja Pemerintah Daerah tahun 2022,” kata Bupati.

Hasil dari RKPD ini akan menjadi pedoman penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS), yang akhirnya menjadi APBD. Untuk itu, Bupati berharap agar hasil dari konsultasi publik RKPD tahun 2022 mampu mengakomodir berbagai program dan kegiatan, dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat serta pendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Cilacap.

Bangga Mbangun Desa

Seperti diketahui bahwa RKPD tahun 2022 adalah RKPD terakhir penjabaran operasional tahunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Cilacap tahun 2017-2022. Pada RPJMD tersebut telah dirumuskan arah kebijakan pembangunan daerah yang berorientasi pada pencapaian Visi Pemerintah Kabupaten Cilacap, yaitu Cilacap Semakin Sejahtera Secara Merata, ”Bangga Mbangun Desa”.

Bupati meminta agar target-target yang masih kurang pencapaiannya dalam pelaksanaan pembangunan ditahun sebelumnya untuk segera diperbaiki agar tercapai di akhir RPJMD 2017-2022. Untuk itu ia menekankan agar kebijakan Bangga Mbangun Desa dijadikan pedoman dalam penyusunan rencana kerja tahun 2022.

“Apa yang kurang kemarin, itu harus disempurnakan. Acuannya satu, yaitu Bangga Mbangun Desa dengan empat pilarnya, dalam merencanakan pembangunan kedepan,” katanya.

Konsultasi publik RKPD 2022 diisi dengan penjelasan Arah Kebijakan Pembangunan 2017-2022 oleh Sekda Farid Ma’ruf, penyampaian Pokok-Pokok Pikiran DPRD oleh Ketua DPRD, paparan tentang Kerangka Keuangan Daerah oleh Kepala BPPKAD Subiharto dan paparan Arah kebijakan Keuangan Daerah Pemkab Cilacap Tahun 2022 oleh Kepala Bappeda Sumbowo. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dengan moderator Sekda Farid Ma’ruf serta diakhiri dengan penandatanganan berita acara hasil konsultasi publik.

Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf menandatangani berita acara hasil konsultasi publik dengan disaksikan oleh Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat dan Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman.