Masyarakat Cilacap Terima Sertipikat Hak Atas Tanah

0
49
Bupati Cilacap Tatto S. Pamuji didampingi Kepala Kantor ATR/BPN Cilacap Karsono menyerahkan sertipikat tanah kepada masyarakat perwakilan penerima.
image_pdfimage_print

CILACAP – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyerahkan sertipikat tanah kepada masyarakat di Kabupaten Cilacap. Acara penyerahan sertipikat untuk rakyat dilaksanakan secara serentak oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual dari Istanah Negara.

Di Kabupaten Cilacap penyerahan sertipikat dilaksanakan secara simbolis kepada 30 penerima oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Pendopo Wijayakusuma Cakti Senin (9/11). Hadir dalam acara tersebut Forkopimda, jajaran Kantor ATR/BPN Cilacap, serta beberapa kepala OPD dilingkungan Pemkab Cilacap.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Cilacap Karsono, jumlah sertipikat yang sudah diserahkan kepada masyarakat sebanyak 38.484 bidang dan akan diserahkan kembali ke masyarakat sebanyak 24.887 bidang yang tersebar di 54 desa dari 14 kecamatan.

“Sertipikat yang telah diserahkan kepada masyarakat sejumlah 38.484 dan setelah acara ini akan diserahkan sebanyak 24.887 bidang. Untuk tahun 2020 ini kami menargetkan sebanyak 75.434 bidang tanah yang akan disertipikatkan,” kata Karsono.

Bupati Cilacap pada kesempatan tersebut menyampaikan terimakasih kepada jajaran ATR/BPN yang telah bekerja keras sehingga banyak masyarakat di Kabupaten Cilacap kini telah memiliki sartipikat hak atas tanah mereka. Bupati juga berpesan agar sertipikat yang sudah diterima untuk bisa digunakan sebaik mungkin oleh masyarakat.

“Saya mewakili masyarakat Cilacap mengucapkan terimakasih kepada ATR/BPN karena sekarang mempunyai hak atas tanah yang legal, yang nantinya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat, bisa untuk jaminan perdagangan, modal usaha ataupun yang lainnya,” kata Bupati.