Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lakukan Resik Pantai Teluk Penyu Bersama Pekerja Pertamina RU IV Cilacap

0
521
image_pdfimage_print

Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lakukan Resik Pantai Bersama  Pekerja Pertamina RU IV Cilacap

Menteri lingkungan hidup dan kehutanan Siti Nurbaya selasa (5/3) mengunjungi Kabupaten Cilacap,  kedatangan menteri lingkungan hidup di Cilacap di sambut oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dan GM PT. Pertamina RU IV Cilacap di Bandara Tunggul Wulung.

Maksud kunjungan Menteri lingkungan hidup dan kehutanan ke kabupaten Cilacap adalah untuk meresmikan Pembangkit listrik tenaga surya system on grid yaitu E-Mas Bayu (energy mandiri tenaga surya dan angin) selain itu juga di resmikan E-Mbak Mina (Energi Mandiri Tambak Ikan) di Kecanatan Kampung Laut.

Sebelum melakukan perismian dan peninjauan lokasi program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina di laksanakan pencetakan Rekor MURI oleh PT Pertamina ada tiga rekor yang di cetak  yang antara lain senam  berbusana APD (alat pelindung diri) peserta terbanyak, Kilang dengan rumah terbanyak menggunakan pembangkit listrik tenaga surya, serta pembagian botol minum dan sedotan pakai ulang terbanyak.

Dalam laporannya Direktur Pengolahan Pertamina, Budi Santoso Syarif menyampaikan Program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina, adalah program yang memanfaatkan sumber daya alam melalui teknologi hybrid one pole (HEOP) yang merupakan perpaduan antara panel surya dan kincir angin. Program E-Mas Bayu telah menghasilkan 180 kw/bulan serta menyumbang penurunan emisi sebesar 1.1 ton eq.CO2/Bulan. Selain itu pemanfaatan Program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina mampu mengaliri 37 rumah dengan energi baru terbarukan. Program ini juga mampu membentuk kelompok baru Pengelola PLTH dengan kemampuan pengelolaan listrik. Selain itu Program E-Mbak Mina telah menghasilkan produk yang unik dan belum ada di koperasi – koperasi dan pusat oleh – oleh cilacap serta pemanfaatan sisa hasil pengolahan tambak menjadi produk bernilai ekonomis

Dalam rangka membangun energi bersih yang berwawasan lingkungan, Pertamina RU IV juga telah menjalankan program Kolak Sekancil (Konservasi Laguna Kawasan Segara Anakan) Kampung Laut. Pertamina RU IV bekerjasama dengan kelompok masyarakat Krida Wana Lestari Dusun Lempong Pucung telah menanam 1.236.200 pohon mangrove sejak 10 tahun belakangan ini. Lanjut Budi.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyampaikan selamat atas di resmikan program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina sebagai program unggulan proper pertamina RU IV Cilacap, dan ber harap Proper Emas dapat di raih Oleh Pertamina RU IV Cilacap. Bupati juga berharap keberhasilan yang di lakukan PT. Pertamina RU IV Cilacap dapat di tiru oleh perusahaan-perusahaan lain.

Sementara itu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan banyak terimakasih kepada PT. Pertamina yang telah meluncurkan program – program yang berwawasan lingkungan dan senantiasa ramah dalam pengelolaan dan pelestarian lingkungan hidup.

Sebelum meninjau program E-Mas Bayu dan E-Mbak Mina di Kecanatan Kampung Laut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Dirjen pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan (PPKL) M.R Karliansyah, Bupati Cilacap Tatto suwarto pamuji dan jajaran manajement PT. Pertamina beserta karyawan melaksanakan bersih-bersih pantai Teluk Penyu.