Multi Stakeholder Forum 2021 PT PLN UP3 Cilacap, Wabup : Penilai Pelayanan Sebenarnya Adalah Masyarakat

0
135
Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman berfoto bersama jajaran Stakeholder di Kabupaten Cilacap
image_pdfimage_print

CILACAP – Dalam rangka mengevaluasi berbagai pelayanan, kinerja dan program yang telah dilakukan, diselenggarakan acara Multi Stakeholder Forum 2021 PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cilacap. Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman hadir dalam acara yang digelar di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Rabu (08/12/2021).

Dalam sambutan Bupati Cilacap yang disampaikan oleh Wakil Bupati Cilacap, Pemkab Cilacap mengucapkan terimakasih kepada PT PLN atas pelayanan terbaik yang selama ini telah diberikan. Wakil Bupati juga mengingatkan untuk tetap meningkatkan pelayanan dengan tidak berpatokan pada survey kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan.

“Terkadang Unit Pelayanan itu lupa, semangatnya menurun ketika tidak ada fase penilaian. Terkadang ketika ada tim survey datang maka tertib administrasi dan segala macam sehingga hasilnya baik. Tetapi kadang Unit Pelayanan itu lupa bahwa penilai pelayanan sebenarnya adalah masyarakat. Ukuran sebenarnya adalah ketika masyarakat menyampaikan keluhannya atau tidak, apalagi sekarang jamannya media sosial,” kata Wakil Bupati.

Wakil Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat luas agar tidak sungkan untuk menyampaikan terkait gangguan atau keluhan seputar pelayanan masyarakat terumata PT PLN kepada para Stakeholder yang berada dilingkungan Pemkab Cilacap.

“Pemkab Cilacap komitmen untuk membantu apapun informasi yang perlu disebarluaskan ataupun program PT PLN kami juga siap membantu. Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini Kami sampaikan permohonan pelayanan yang sudah baik dan program yang telah dijalankan minimal dipertahankan atau ditingkatkan,” ungkapnya.

Manager PT PLN UP3 Cilacap Bramantyo Anggun Pambudi dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan tema ‘Bangun Sinergi dan Bangkit Bersama Wujudkan Terang Negeriku, Tangguh Indonesiaku’ serta dalam  momentum usia 76 Tahun PT PLN, akan dilakukan transformasi ditengah pandemi Covid-19. Transformasi PLN yang ditargetkan akan terwujud di tahun 2024 tersebut memiliki empat aspirasi yang menjadi arah perubahan PLN yaitu Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused.

“Yang pertama Green, kami berorientasi melindungi generasi masa depan dengan menghadirkan energi yang ramah lingkungan. Yang kedua kami bertekad untuk terus berinovasi, adaptif terhadap tuntutan zaman, kreatif menangkap peluang dan selalu mencari solusi. Yang ketiga Lean yaitu gesit dan semangat untuk memberikan pelayanan terbaik agar semakin handal dan terintegrasi dan berorientasi kepada pelanggan sehingga akan terwujud customer focused,” jelasnya.

Manager PT PLN UP3 juga menjamin ketersediaan daya di PT PLN area Jawa Tengah dan DIY khususnya di Cilacap sangat tercukupi. Dari 7.000 Megawatt yang tersedia, PT PLN UP3 Cilacap masih memiliki cadangan 2.300 Megawatt.

“Jika di perkecil lagi di Cilacap yaitu di Subsistem Kesugihan, kita memiliki cadangan reserve margin 224 Megawatt siang hari dan 171 Megawatt di malam hari. Ini setara kalau Pertamina menggunakan sekitar 60 – 100 Megawatt, kita masih bisa bangun 2 atau 3 kilang lagi di Cilacap. Kalaupun kita identikkan dengan perusahaan atau industri berskala menengah ataupun besar dengan kebutuhan 1 Megawatt, itu bisa 200 perusahaan lagi yang bisa dibangun di wilayah UP3 Cilacap ini. Kami siap mewujudkan hal tersebut,” ucapnya.

Dalam acara tersebut dilakukan juga penyerahan plakat antara PT PLN UP3 Cilacap dan Pemkab Cilacap. Dilanjutkan paparan Kondisi Pengembangan Kawasan dan Investasi di Kabupaten Cilacap yang disampaikan oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Awaluddin Muuri, serta Pemaparan Sistem Ketenagalistrikan UP3 Cilacap oleh Manager Bagian Perencanaan Resa Handaru Wedya dan Manager Bagian Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan Deni Mohammad Abrar. Acara ditutup dengan pengundian dan pemberian doorprize kepada para peserta acara tersebut. (hen)

Penyerahan Plakat dari PT PLN UP3 Cilacap kepada Pemkab Cilacap
Penyerahan Plakat dari Pemkab Cilacap kepada PT PLN UP3 Cilacap