Pembentukan Tim Penindakan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian

0
175
Bupati Tatto Suwarto Pamuji ketika menjadi pembina apel pada launching Tim Penindakan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap.
image_pdfimage_print

CILACAP – Untuk lebih meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap bahaya penyebaran virus Corona (Covid-19) serta upaya pencegahan dan pengendalian secara masif bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cilacap membentuk Tim Penindakan Satgas Penanganan Covid-19  Kabupaten Cilacap.

Tim tersebut dilaunching pada hari Kamis (8/10) dalam suatu apel bersama di halaman pendopo Wijayakusuma Cakti. Bertindak sebagai pembina apel Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji. Hadir dalam kesempatan tersebut jajaran Forkopimda, para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap dan unsur TNI-Polri.

Pembentukan Satgas ini tertuang dalam Keputusan Bupati Cilacap Nomor 360/698/39/Tahun 2020 tentang Pembentukan Satuan Tugas Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) Kabupaten Cilacap. Dengan terbitnya Keputusan Bupati ini maka Gugus Tugas Penanganan Covid-19 dinyatakan tidak berlaku lagi sehingga tugas dan fungsinya akan dilaksanakan oleh Satgas. Keputusan tersebut berlaku efektif pada 30 September 2020 sesuai ketetapan.

Bupati berharap kepada semua anggota tim satgas untuk mencurahkan segala kemampuan agar pandemi covid 19 bisa dikendalikan tingkat penyebarannya dengan penanganan yang lebih baik.

“Saya sangat berharap kepada seluruh Tim Penindakan pada Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap untuk terus bahu membahu dan bergotong royong mencurahkan segenap upaya serta terobosan yang efektif dalam mengendalikan tingkat penyebaran Covid-19 ini,” kata Bupati dalam sambutannya.

Penyiraman air kendi pada kendaraan operasional tim oleh Bupati Cilacap.
Pemecahan kendi menandai launching Tim Penindakan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cilacap.

Launching ditandai dengan penyiraman air kendi pada kendaraan operasional tim dan pemecahan kendi. Selanjutnya dilakukan peninjauan sarana dan prasarana tim oleh Bupati dan Forkopimda. Pada peninjauan tersebut Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Yuliaman Sutrisno menjelaskan tentang teknis penindakan kepada pelanggar protokol kesehatan dan sanksi-sanksinya sesuai Perda Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Penyakit di Kabupaten Cilacap.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Yuliaman Sutrisno ketika memberikan penjelasan kepada Bupati dan Forkopimda tentang teknis penindakan kepada pelanggar protokol kesehatan.