Pemkab Cilacap Gelar Upacara Bendera Sebagai Puncak Peringatan Hari Jadi Ke – 165

0
106
Bupati Tatto Suwarto Pamuji sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Jadi Cilacap ke - 165
image_pdfimage_print

CILACAP – Upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke – 165 diselenggarakan di halaman Pendopo Wijayakusuma Sakti pada Minggu (21/3) dengan Bupati Tatto Suwarto Pamuji sebagai Inspektur Upacara. Upacara bendera tersebut merupakan acara puncak pada rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke – 165 dan dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Turut hadir dalam upacara bendera Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih, Wakil Ketua TP PKK Ira Tanti, Ketua DWP Kabupaten Cilacap Suswatiningsih Farid Ma’ruf dan jajaran Forkopimda serta pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap.

Pengibaran Bendera Merah Putih pada Upacara Bendera Peringatan Hari Jadi Cilacap ke – 165

Bupati Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Hari Jadi Ke – 165 Kabupaten Cilacap diperingati secara sederhana karena masih suasana pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Sedangkan pandemi Covid-19 tak hanya berdampak pada masyarakat, namun juga Pemkab Cilacap yang harus bekerja keras mengambil langkah pencegahan dan penanggulangan pandemi Covid-19.

“Jajaran Pemkab Cilacap melalui Gugus Tugas Covid-19 bersama unsur Forkopimda, terus berjuang dan bekerja keras menanggulangi pandemi Covid-19 lewat berbagai upaya, dengan merawat yang sakit dan menyelamatkan yang sehat melalui pencegahan penyebaran dari wabah ini, termasuk menyalurkan berbagai bantuan untuk warga yang terdampak Covid-19 di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap,” jelasnya.

Selain itu, Bupati menjelaskan bahwa ada tantangan lain yang harus dihadapi yakni adanya refocusing atau pemotongan anggaran, sehingga perlu banyak inovasi dan langkah taktis agar pembangunan dan pelayanan publik bisa tetap berjalan.

“Kita tentunya berharap pandemi Covid-19 cepat berlalu agar aktivitas masyarakat dan roda pemerintahan bisa kembali berjalan normal dan berbagai rencana pembangunan di Kabupaten Cilacap bisa kembali dilanjutkan,” ucapnya.

Peserta mengikuti upacara bendera dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Bupati juga menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 mengajarkan tentang pentingnya teknologi informasi. Terbatasnya pergerakan manusia akibat social distancing dan physical distancing, yang mengubah perilaku sosial dan kerja masyarakat dimana istilah working from home atau distance learning menjadi familiar.

“Hal ini menjadikan teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting, sekaligus sebagai solusi untuk mengatasi pembatasan tersebut dalam bidang pemerintahan, pendidikan, bisnis, ekonomi, dan kesehatan yang sekarang lebih banyak dilaksanakan secara daring melalui video conference,” terangnya.

Namun ditengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Cilacap mampu mendapatkan 8 prestasi/penghargaan dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yaitu Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN kepada Bupati dan Ketua Tim Penggerak PKK, Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah, Kabupaten Sangat Inovatif (Innovatif Government Award/IGA ), Penghargaan Pengelolaan Terbaik Pratama dalam Layanan Kepegawaian pada Bidang Pensiun, Penghargaan Apresiasi Pembinaan Proklim, Penghargaan dari BNPB terkait peran aktif Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam menangani kebencanaan, Pembina Pelayanan Publik Terbaik, dan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia.

Usai mengikuti Upacara Bendera di halaman Pendopo Wijayakusuma Sakti, Bupati beserta rombongan menuju Gedung DPRD Kabupaten Cilacap untuk mengikuti acara Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Peringatan Hari Jadi ke – 165. Pada acara tersebut dilakukan penyerahan secara simbolis pataka atau lambang daerah Kabupaten Cilacap dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap kepada Bupati. Rapat paripurna digelar secara virtual dan diikuti oleh para pejabat di OPD masing-masing.

Penyerahan pataka (lambang daerah) Kabupaten Cilacap secara simbolis dari Wakil Ketua DPRD Kabupaten Cilacap kepada Bupati

Bupati berpesan agar masyarakat Cilacap dapat lebih bersemangat mengimplementasikan tema Peringatan Hari Jadi ke -165 Kabupaten Cilacap yaitu “Mantapkan Bangga Mbangun Desa Menuju Cilacap Sehat”.

“Tema ini tentunya tidak hanya sebatas rangkaian kata-kata, tetapi harus menjadi pendorong dan penyemangat seluruh elemen masyarakat Kabupaten Cilacap, untuk terus bekerja dan berkarya dalam membangun dan memajukan Kabupaten Cilacap tercinta, meski di tengah pandemi Covid-19,” tambahnya. (hen)