Pengadegan Kini Miliki Pendopo Balai Desa dan Embung Pendukung Pertanian

0
113
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian pendopo balai desa dan embung di desa Pengadegan Kecamatan Majenang.
image_pdfimage_print

CILACAP – Desa Pengadegan di Kecamatan Majenang kini memiliki pendopo balai desa yang representatif. Peresmian balai desa tersebut dilakukan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji pada hari Jum’at (2/10).

Acara dilaksanakan bersamaan dengan peresmian embung Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Usaha Tani Makmur. Turut hadir pada acara tersebut anggota DPRD Helmi Bustomi, Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih, para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap, Forkopincam dan para Kepala Desa di Kecamatan Majenang.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengharapkan agar dengan diresmikannya pendopo balai desa Pengadegan ini akan semakin meningkatkan kinerja pemerintah desa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Adanya pendopo balai desa yang baru ini semoga semakin membuat pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Apalagi di era reformasi seperti sekarang ini, masyarakat semakin dinamis dan kritis dalam mengaspirasikan berbagai tuntutan terkait kualitas pelayanan pemerintah desa,” kata Bupati.

Terkait embung yang kini dimiliki oleh P3A Usaha Tani Makmur, Bupati berharap agar keberadaannya dapat mencukupi kebutuhan akan sumber air untuk kegiatan pertanian.

“Adanya embung akan membantu ketersediaan air yang mendukung pertanian di desa Pengadegan, hal ini tentunya akan meningkatkan hasil pertanian serta kesejahteraan petani. Jika ini tercapai, maka ketahanan pangan akan bisa dipertahankan,” jelas Bupati.

Kepala Dinas Pertanian Supriyanto, dalam penjelasannya mengatakan bahwa embung yang dibangun dengan dana APBN ini hanya akan digunakan untuk pertanian saja, namun kedepan tidak tertutup kemungkinan untuk hal lain.

“(Embung) bukan untuk air minum, hanya pertanian. Namun jika untuk wisata, nanti bisa diarahkan kesana,” jelasnya.

Peresmian pendopo balai desa dan embung ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati dan pemotongan tumpeng.

Pada kesempatan tersebut turut diserahkan pula penghargaan kepada kelompok tani dan petugas pendamping berprestasi tanaman pangan tahun 2020, bantuan untuk pondok pesantren Matlabul  Anwar desa Salebu dan thermogun untuk rumah ibadah.

Penyerahan penghargaan kepada kelompok tani dan petugas pendamping berprestasi tanaman pangan tahun 2020.
Bupati menyerahkan potongan tumpeng kepada Kepala Desa Pengadegan Toto Sugianto.