Pengumpulan ZIS BAZNAS Kabupaten Cilacap Sampai Capai 7,4 M

0
528
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma'ruf Saat Menyerahkan Penghargaan Kepada UPZ Tergiat dalam Pengumpulan ZIS
image_pdfimage_print

Pengumpulan ZIS (Zakat Infak Sodakoh) oleh BAZNAS Kabupaten Cilacap sampai dengan 30 November 2019 Mencapai Rp 7.438.220.862,- dana tersebut berasal dari pengumpulan zakat dan shodaqoh karyawan OPD, BUMD, UPTD, Korwil, Perorangan serta Lembaga lain.
Hal tersebut disampaikan oleh ketua BAZNAS Kabupaten Cilacap H Muchsin pada evaluasi pengumpulan ZIS di Aula Diklat Praja Cilacap Senin (30\12). Acara tersebut di hadiri oleh SEKDA Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf para Asisten SEKDA serta di ikuti oleh kepala OPD Se-Kabupaten Cilacap, Camat, serta Unit Pengumpul Zakat UPTD Puskesmas, Korwil Bidang Pendidikan, dan Pimpinan BUMD di lingkungan Kabupaten Cilacap
Dalam kesempatan tersebut diserahkan penghargaan kepada UPZ tertinggi pengumpulan ZIS, UPZ dengan pengumpulan ZIS terbanyak adalah UPZ Kementrian Agama Kabupaten Cilacap yang mampu mengumpulkan ZIS sebanyak Rp. 1.162.264.035,-. serta di serahkan pula penghargaan untuk UPZ Tergiat dengan kriteria ketepatan dalam pelaporan ZIS dan prosentase yang melakukan zakat.
Untuk UPZ Tergiat di bagi kedalam beberapa Kategori yang antara lain UPZ OPD Tergiat yang di raih oleh UPZ SETDA sebagai tergiat 1, Dinas Pertanian sebagi tergiat 2 dan tergiat 3 Dinas PUPR. Untuk UPZ rumah sakit tergiat 1 RSI fatimah, tergiat 2 RSUD Cilacap. Tergiat 3 RSUD Majenang. Kategori UPZ BUMD tergiat pertama UPZ PDAM, UPZ PD.BPR BKK sebagai tergiat 2 dan UPZ PD.BKK Kesugihan sebagai tergiat 3.
Sementara itu untuk kategori UPZ Kecamatan, Kecamatan Cilacap Tengah UPZ tergiat 1, Kecamatan Cilacap Selatan tergiat 2 dan UPZ Kecamatan Kampung Laut sebagi tergiat 3. Kategori Korwil Bidang pendidikan UPZ Korwil Cilacap utara tergiat 1, tergiat 2 korwil Karangpucung, Korwil Nusawungu sebagai tergiat 3. untuk kategori UPZ SMP tergiat 1 SMPN 5 Cilacap, tergiat 2 SMP N 1 Sidareja dan tergiat 3 SMPN 1 Cimanggu. kategori yang terakhir UPZ UPTD Puskesmas, puskesmas Majenang 1 tergiat 1, puskesmas Cimanggu 1 tergiat2 dan puskesmas Kesugihan 2 sebagi tergiat 3.
Sekretaris Daerah dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh UPZ yang telah dengan semangat dalam pengumpulan zakat sehingga target pengumpulan zakat pada tahun 2019 ini bisa tercapai. Sekda berharap agar pengumpulan ZIS oleh UPZ bisa ditingkatkan karena masih ada beberapa UPZ yang pengumpulan ZISnya masih dibawah rata-rata. SEKDA juga menyampaikan agar pelapora pengumpulan ZIS oleh tiap-tiap UPZ di laksanakan secara berkala dan tepat waktu.