Peringatan Hari Pahlawan, Bupati : Semangat Pahlawan Jangan Hanya Dikenang

0
77
Bupati Tatto Suwarto Pamuji menjadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan tahun 2020 tingkat Kabupaten Cilacap di halaman pendopo Wijayakusuma Cakti.
image_pdfimage_print

CILACAP – Upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2020 tingkat Kabupaten Cilacap berlangsung khidmat meski ditengah guyuran hujan. Upacara diselenggarakan di halaman pendopo Wijayakusuma Cakti pada hari Selasa (10/11) dengan Inspektur Upacara Bupati Tatto Suwarto Pamuji.

Turut hadir pada upacara tersebut jajaran Forkopimda dan para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap. Upacara diikuti oleh unsur TNI-Polri dan ASN.

Menteri Sosial Republik Indonesia Juliari P. Batubara dalam amanat yang dibacakan oleh Bupati menyampaikan bahwa hari pahlawan bukan hanya sekedar diperingati saja, namun juga untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan.

“Hari Pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat pada setiap 10 November saja, namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua sebagaimana tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu Pahlawanku Sepanjang Masa,” kata Menteri.

Pengibaran bendera

Menteri juga mengingatkan agar semangat kepahlawanan harus menjadi inspirasi dan motivasi untuk meneruskan perjuangan melawan berbagai permasalahan bangsa.

“Apa yang telah dilakukan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan mereka. Kalau dulu kita berjuang dengan mengangkat senjata, maka sekarang kita berjuang melawan berbagai permasalahan bangsa, seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemi covid-19 yang saat ini melanda dunia,” jelas Menteri.

Usai membacakan amanat Menteri, Bupati mengapresiasi undangan dan peserta yang telah mengikuti upacara dalam kondisi hujan deras.

 “Saya ucapkan terimakasih, dalam suasana hujan upacara peringatan hari pahlawan bisa tetap berlangsung. Kalau dulu kita tidak takut peluru, kenapa hari ini kita takut hujan. Semangat kepahlawanan jangan hanya dikenang, tetapi harus kita teruskan agar kita menjadi pahlawan sepanjang masa,” pungkas Bupati.

Upacara ditengah hujan deras.