Rangkaian Acara Peringatan Hari Jadi Cilacap Ke – 165, Sederhana Namun Tetap Khidmat

0
126
Bupati Tatto Suwarto Pamuji beserta Istri sekaligus Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih melakukan tabur bunga di Makam Bupati Terdahulu di TPU Karangsuci
image_pdfimage_print

CILACAP – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Kabupaten Cilacap Ke – 165, Bupati Tatto Suwarto Pamuji melakukan kegiatan ziarah makam Bupati terdahulu di tempat pemakaman umum Karangsuci Cilacap. Kegiatan pada Sabtu (20/3) tersebut merupakan rangkaian acara yang diawali dengan sema’an dan khotmil qur’an di Masjid Agung Darussalam Cilacap serta ziarah di taman makam pahlawan Surengrono Jeruklegi.

Turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih, Wakil Ketua TP PKK Ira Tanti, Kapolres Leganek Mawardi, Dandim Andi Afandi, Danlanal Sugeng Subagyo, Ketua Pengadilan Negeri Cilacap Sukri Sulumin, Kepala Kejaksaan Negeri Cilacap T. Tri Ari Mulyanto serta jajaran Pejabat di Kabupaten Cilacap.

Rangkaian kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap menjaga protokol kesehatan dikarenakan masih dalam masa pandemi Covid-19. Khususnya kegiatan sema’an dan khotmil qur’an yang biasanya dilakukan di setiap kecamatan di Kabupaten Cilacap, tahun ini hanya dilakukan di lima masjid di Kabupaten Cilacap salah satunya adalah di Masjid Agung Darussalam Cilacap. Namun hal tersebut diharapkan tidak mengurangi rasa khidmat dan juga khusyu’ dalam bacaan ayat-ayat Al-Qur’an.

Bupati Tatto Suwarto Pamuji dan Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman mengikuti acara Sema’an dan Khotmil Qur’an di Masjid Agung Darussalam

“Kalau banyak yang sema’an sudah baik, tetapi akan lebih baik lagi kalau bukan hanya menghafal bukan hanya sema’an tetapi juga mengimplementasikan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Selanjutnya setelah kegiatan sema’an dan khotmil qur’an, Bupati dan rombongan menuju taman makam pahlawan Surengrono Jeruklegi untuk napak tilas dan mengenang jasa-jasa para pahlawan di Cilacap yang telah berjuang hingga Cilacap kini bisa lebih baik.

Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman melakukan tabur bunga di Makam Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Surengrono Jeruklegi

Acara terakhir dalam rangkaian tersebut adalah ziarah makam Bupati terdahulu di tempat pemakaman umum Karangsuci Cilacap. Selain karena tradisi yang memang rutin dilakukan setiap Perayaan Hari Jadi Cilacap, Bupati menerangkan bahwa kegiatan ziarah ke makam Bupati Terdahulu juga dilakukan untuk mendoakan dan juga untuk mensyukuri karunia Allah.

“Bukan hanya sekedar mendoakan, tetapi kita juga mengenang cita-cita dari pendiri Cilacap. Cita-citanya adalah untuk Cilacap menjadi sejahtera, Cilacap yang gemah ripah loh jinawi untuk diteruskan di generasi sekarang dengan implementasi Bangga Mbangun Desa untuk membangun Cilacap ke depan, untuk persiapkan generasi ke depan,” jelasnya.

Selain rangkaian acara pada Sabtu (20/3), Pemkab Cilacap juga mengadakan acara khitanan masal, santunan anak yatim dan kaum dhuafa serta bedah rumah yang dimulai sejak Senin (15/3) di setiap kecamatan di Kabupaten Cilacap dan kegiatan masih berlangsung hingga Kamis (25/3). Khitanan masal serta santunan anak yatim dan kaum dhuafa diberikan alokasi masing-masing untuk 10 penerima di setiap kecamatan. Baznas Cilacap juga memberikan dukungan untuk program bedah rumah masing-masing 1 unit di setiap Kecamatan dengan nilai Rp 11,5 juta. (hen)

Wakil Bupati Syamsul Auliya Rachman beserta Ketua TP PKK Teti Rohatiningsih memberikan bantuan kepada penerima khitanan masal, santunan anak yatim dan kaum dhuafa serta Bedah Rumah di Kecamatan Kawunganten pada Kamis (18/3)
Ketua Tim Penggerak PKK menyaksikan langsung kegiatan khitanan masal di Kecamatan Jeruklegi pada Kamis (18/3)