Resmikan Mobile Library, Bupati : Budaya Membaca Penting Untuk Generasi Muda

0
41
Pengguntingan pita oleh Bupati Tatto S. Pamuji menandai peresmian mobile library di SMP Negeri 3 Cilacap.
image_pdfimage_print

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Kamis (12/11) pagi meresmikan Mobile Library di SMP Negeri 3 Cilacap. Acara peresmian disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Budi Santosa, Kepala Sekolah dan tenaga pengajar SMP Negeri 3 Cilacap.

Simbolis peresmian dilaksanakan dengan pengguntingan pita dan penandatanganan komitmen dukungan gerakan literasi oleh Bupati Cilacap dan diikuti oleh tamu undangan yang lain.

Dalam sambutannya Bupati Cilacap menyampaikan agar budaya membaca selalu ditanamkan kepada generasi muda sekarang ini.

“Tugas dari tenaga pengajar saat ini adalah mempersiapkan generasi muda yang memiliki karakter baik karakter akhlak maupun karakter kerja, selain itu generasi muda juga harus memiliki kompetensi. Untuk itu semua generasi muda harus memiliki minat baca lebih, oleh karena itu budaya membaca penting untuk generasi muda,” kata Bupati.

Kepala SMP Negeri 3 Cilacap Robani, menyampaikan bahwa mobile library merupakan upaya untuk meningkatkan minat baca anak yaitu dengan mendekatkan perpustakan dimana anak berada.

Mobile library dibuat untuk meningkatkan literasi anak, perpustakaan dibuat portable bisa didorong untuk didekatkan dimana anak berada,” jelas Robani.

Lebih lanjut Robani menyampaikan meningkatnya minat baca anak nantinya akan dikembangkan sebagai redaksi penyusunan buletin “Potret” yang untuk kali ini sudah di launcing edisi yang ke 2. Di SMPN 3 Cilacap sendiri telah mengirimkan beberapa anak didik untuk mengikuti beberapa kejuaraan literasi baik tingkat daerah ataupun tingkat nasional.

Selain peresmian mobile library, dilaksanakan pula penaburan benih ikan dan penanaman sayuran sebagai program sekolah adiwiyata. Selain itu dilaksanakan pula pengajian dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dengan pembicara Uztad Wijayanto yang dilaksanakan secara Virtual dan diikuti oleh anak didik dan wali murid.