Sekda buka Bursa Inovasi Desa Tahun 2018.

0
521
image_pdfimage_print

HUMAS CILACAP. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Maruf, MM, membuka Bursa Inovasi Desa Tahun 2018 tingkat Kabupaten Cilacap, di Graha Pemuda, Rabu (31/10).

Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Cilacap, Achmad Arifin, SR, SH, MM, bursa inovasi desa diikuti seribu peserta dari 21 Kecamatan se Kabupaten Cilacap. Mereka terdiri dari Kepala Desa dan Ketua BPD se Kabupaten Cilacap, Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan kasi PMD, Tim Inovasi kabupaten dan Tim pelaksana Inovasi Desa, Forkompimda dan undangan lain.

Program Inovasi desa bertujuan untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa melalui berbagai kegaitan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa.

Dalam jangka menengah, lanjut Arifin, upaya ini diharapkan mendorong produktifitas dan pertumbuhan ekonomi perdesaan serta membangun kapasitas desa yang berkelanjutan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat dan kemandirian desa, sesuai dengan arah dan kebijakan dan sasaran Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan transmigrasi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Maruf, MM dalam kesempatan tersebut mengatakan, implementasi undang-undang Desa berimplikasi pada penguatan kewenangan serta keuangan desa, memberikan ruang gerak yang semakin leluasa kepada desa untuk berimprovisasi dengan melakukan berbagai kegiatan-kegiatan yang kreatif dan inovatif, dalam rangka percepatan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sejalan dengan itu, lanjut Sekda, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi meluncurkan Program Inovasi Desa/PID perlu direspon secara positif oleh Pemerintah Daerah dan Desa, terutama dalam upaya mengotimalkan sumber daya yang dimiliki oleh desa, khususnya yang berkaitan dengan keuangan desa yang ditopang dari  Anggaran Pendapatan dan Belanja  Desa.

Penggunaan keuangan desa yang salah satu sumber pendapatannya berasal dari Dana Desa, perlu dioptimalkan pemanfaatannya dengan menetapkan kegiatan-kegiatan yang berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, pengentasan kemiskinan, pengurangan pengangguran serta meningkatnya berbagai layanan kepada masyarakat, ujar Sekda.

Usai membuka, Sekda melakukan peninjauan sejumlah stand bursa inovasi desa yang menampilkan berbagai produk dari seluruh desa dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Cilacap. (hromly)