Sekretaris Daerah

Nama           : AWALUDDIN MUURI, A.P., M.M.
NIP               : 19750731 199412 1 001
Jabatan        : Sekretaris Daerah
Pendidikan  : S-2 Magister Manajemen
LHKPN        : Sudah Melaporkan Lihat

 

 

 

 

 

Sekretariat Daerah mempunyai tugas
Sekretariat Daerah mempunyai tugas membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif.

Sekretariat Daerah menyelenggarakan fungsi :
Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4, Sekretariat Daerah menyelenggarakan fungsi :
a. pengoordinasian penyusunan kebijakan Daerah;
b. pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah;
c. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah;
d. pembinaan administratif dan pembinaan Aparatur Sipil Negara pada Instansi Daerah; dan
e. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Sekretaris Daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (1) huruf a mempunyai tugas memimpin pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat Daerah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4 dan Pasal 5.

Sekretaris Daerah mempunyai uraian tugas :
a. merumuskan dan menetapkan program kerja Sekretariat Daerah berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
b. mendistribusikan tugas dan mengarahkan pelaksanan tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
c. mengoordinasikan penyusunan kebijakan daerah sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan;
d. mengoordinasikan pelaksanaan tugas Perangkat Daerah melalui rapat koordinasi secara berkala guna terwujudnya keterpaduan dan kelancaran pelaksanaan tugas;
e. mengoordinasikan pelaksanaan tugas staf ahli sesuai dengan bidang tugasnya melalui forum koordinasi dan fasilitasi guna kelancaran pelaksanaan tugas;
f. mengoordinasikan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
g. mengoordinasikan pengelolaan keuangan daerah melalui penyusunan dan pelaksanaan kebijakan APBD sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan guna kelancaran pelaksanaan tugas;
h. mengoordinasikan penyelenggaraan kerja sama antar daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan untuk meningkatkan perluasan hubungan kerja daerah;
i. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pimpinan daerah dan kunjungan kerja daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

j. mengoordinasikan penyusunan dokumen kinerja dan pelaporan kinerja serta pelaporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
k. menetapkan dokumen dan pelaporan kinerja serta pelaporan penyelenggaraan pemerintahan lingkup Sekretariat Daerah;
l. menyelenggarakan pembinaan administratif pelaksanaan tugas Perangkat Daerah agar tercipta tertib administrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan;
m. menyelenggarakan pembinaan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Daerah agar terwujud aparatur pemerintah yang profesional dan berkinerja tinggi;
n. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Pemerintah Daerah;
o. mengendalikan pelaksanakan tugas Asisten-asisten dan Bagian-bagian di lingkungan Sekretariat Daerah untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
p. menilai dan mengevaluasi kinerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
q. menyampaikan saran dan masukan kepada Bupati untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
r. melaporkan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban; dan
s. melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah Bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

Dasar : PERATURAN BUPATI CILACAP NOMOR 141 TAHUN 2021

Instagram
Telegram
WhatsApp