Sekretaris Daerah

Nama         : Drs. FARID MA’RUF, S.T., M.M.
NIP            : 19620322 198607 1 002
Jabatan      : Sekretaris Daerah
Pendidikan  : S-2 Magister Manajemen
LHKPN        : Sudah Melaporkan Lihat

 

Sekretariat Daerah mempunyai tugas
Membantu Bupati dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas Perangkat Daerah serta pelayanan administratif.

Sekretariat Daerah menyelenggarakan fungsi :
a. pengoordinasian penyusunan kebijakan Daerah;
b. pengoordinasian pelaksanaan tugas Perangkat Daerah;
c. pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Daerah;
d. pembinaan administratif dan pembinaan Aparatur Sipil Negara pada instansi Daerah; dan
e. pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya.

Sekretaris Daerah mempunyai uraian tugas :
a. merumuskan dan menetapkan program kerja Sekretariat Daerah berdasarkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
b. mendistribusikan tugas dan mengarahkan pelaksanan tugas bawahan sesuai dengan fungsi dan kompetensi bawahan dengan prinsip pembagian tugas habis;
c. mengoordinasikan penyusunan kebijakan daerah sebagai pedoman dalam penyelenggaraan pemerintahan;
d. mengoordinasikan pelaksanaan tugas perangkat daerah melalui rapat koordinasi secara berkala guna terwujudnya keterpaduan dan kelancaran pelaksanaan tugas;
e. mengoordinasikan pelaksanaan tugas staf ahli sesuai dengan bidang tugasnya melalui forum koordinasi dan fasilitasi guna kelancaran pelaksanaan tugas;
f. mengoordinasikan penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah sesuai ketentuan peraturan perundangundangan sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas;
g. mengoordinasikan pengelolaan keuangan daerah melalui penyusunan dan pelaksanaan kebijakan APBD sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan guna kelancaran pelaksanaan tugas;
h. mengoordinasikan penyelenggaraan kerjasama antar daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan untuk meningkatkan perluasan hubungan kerja daerah;
i. mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pimpinan daerah dan kunjungan kerja daerah sesuai ketentuan peraturan perundangundangan;
j. mengoordinasikan penyusunan dokumen kinerja dan pelaporan kinerja serta pelaporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;
k. menetapkan dokumen dan pelaporan kinerja serta pelaporan penyelenggaraan pemerintahan lingkup Sekretariat Daerah;
l. menyelenggarakan pembinaan administratif pelaksanaan tugas perangkat daerah agar tercipta tertib administrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan;
m. menyelenggarakan pembinaan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten agar terwujud aparatur pemerintah yang profesional dan berkinerja tinggi;
n. melaksanakan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kebijakan Pemerintah Daerah;
o. mengendalikan pelaksanakan tugas Asisten-Asisten dan BagianBagian di lingkungan Sekretariat Daerah untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
p. menilai dan mengevaluasi kinerja bawahan untuk memacu prestasi kerja;
q. menyampaikan saran dan masukan kepada bupati untuk bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
r. melaporkan pelaksanaan tugas sebagai wujud pertanggungjawaban; dan
s. melaksanakan tugas kedinasan lain atas perintah bupati sesuai dengan bidang tugasnya.

Dasar : PERATURAN BUPATI CILACAP NOMOR 84 TAHUN 2016