Serahkan SK Kenaikan Pangkat, Sekda : PNS Harus Akuntabel, Berkompeten, Berintegritas dan Profesional

0
85
Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma'ruf didampingi Asisten Administrasi Sekda U’ong Suparno menyerahkan SK Kenaikan Pangkat periode 1 Oktober 2020 kepada perwakilan penerima.
image_pdfimage_print

CILACAP – Sebanyak 50 PNS dilingkungan Pemkab Cilacap menerima Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat periode 1 Oktober 2020 tahap pertama. SK diserahkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Farid Ma’ruf di gedung Diklat Praja pada hari Rabu (30/9).

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Administrasi Sekda U’ong Suparno, Kepala BKPPD Warsono dan para pejabat dilingkungan Pemkab Cilacap.

BKPPD Kabupaten Cilacap mengusulkan 697 orang PNS dalam kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2020, dengan rincian 4 orang golongan IV, 231 orang golongan III, 343 orang golongan II dan 119 orang dari golongan I. Namun adanya kendala di BKN pusat dan regional, realisasinya hanya 76 orang.

“PNS yang direalisasikan naik pangkat per 1 Oktober 2020 sebanyak 76 orang, sisanya sebanyak 621 masih dalam proses di BKN baik pusat maupun regional,” kata Kepala BKPPD Warsono dalam laporannya.

Adanya keterlambatan tersebut disebabkan seleksi kompetensi bidang (SKB) penerimaan CPNS formasi tahun 2019 yang pelaksanaannya pada September 2020 di beberapa titik.

“BKN berkedudukan sebagai panitia seleksi nasional, sehingga berpengaruh pada proses dan realisasi kenaikan pangkat periode 1 Oktober 2020,” tambah Kepala BKPPD.

Selain itu, mulai tahun 2020 usulan kenaikan pangkat sudah secara paperless. Namun masih ada beberapa PNS yang belum mengunggah dokumen pada aplikasi E-File.

Sekda Farid Ma’ruf dalam sambutannya memberikan selamat kepada penerima SK dan berharap semoga bisa menjadi pemacu semangat dalam meningkatkan kinerja.

“Saya mengharapkan kepada Saudara semua agar kenaikan pangkat ini akan semakin memotivasi Saudara untuk terus berprestasi sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing. Hal ini perlu saya sampaikan, mengingat kedudukan aparatur pemerintah sebagai abdi negara dituntut bekerja secara profesional dalam mengemban tugas-tugas negara maupun pemerintah,” kata Sekda.

Lebih lanjut Sekda menekankan kepada para PNS untuk selalu meningkatkan pelayanan, utamanya dalam semua aspek kehidupan termasuk pelayanan yang diberikan oleh setiap aparatur pemerintah.

“Dalam kerangka inilah, maka sosok aparatur pemerintah yang diharapkan adalah aparatur pemerintah yang akuntabel, berkompeten, berintegritas dan profesional dalam melaksanakan tugas,” tambah Sekda.

Untuk itu PNS diharapkan untuk terus mengembangkan diri dalam hal pengetahuan dan ketrampilan. Hal ini penting, mengingat perkembangan dunia yang semakin dinamis menuntut birokrasi untuk kreatif dalam melaksanakan tugas.