Tim Lomba HKG PKK Provinsi Jawa Tengah, lakukan penilaian Tertib Adminitrasi PKK dan PAAR di Cilacap.

0
587
image_pdfimage_print

HUMAS CILACAP. Tim Penilai Lomba Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Provinsi Jateng, Kamis (17/01), melakukan penilaian di Kabupaten Cilacap. Kehadiran tim di Kabupaten Cilacap guna menilai Tim Penggerak PKK Cilacap dalam Lomba Tertib Administrasi PKK dan Pola Asuh Anak dan Remaja/ PAAR.

Tim yang diketuai oleh Wakil Ketua Pokja I TP PKK Provinsi Jawa Tengah, ibu Puji Astuti Achmad Rofai, diterima langsung oleh Bupati Cilacap yang diwakili Sekretaris Daerah Drs. Farid Maruf, MM, di ruang Gadri Pendopo Wijayakusuma Cilacap, Kamis (17/01). Dalam penerimaan tersebut, hadir pula Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Ira Syamsul Auliya Rachman, sejumlah pejabat dijajaran Pemkab Cilacap dan para pengurus TP PKK Kabupaten Cilacap.

Ketua Tim penilai, Wakil Ketua Pokja I TP PKK Provinsi Jawa Tengah, ibu Puji Astuti Achmad Rofai dalam kesempatan tersebut menyampaikan, gerakan PKK sebagai salah satu wahana untuk menggerak partisipasi masyarakat, dari hari ke hari semakin nyata peranannya dalam pembangunan.

Menurut Puji Astuti, kenyataan yang kita hadapi dalam pelaksanaan pembangunan yang semakin berkembang menuntut adanya tertib administrasi dan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat dan cerdas guna menunjang keberhasilan tim penggerak PKK dalam mengimplementasi program-program secara keseluruhan.

Dengan semakin banyak kegiatan yang perlu dan harus dilaksanakan sesuai dengan perkembangan tentu membawa konsekwensi terhadap pentingnya pengelolaan PKK, baik dari personil yang trampil dan mumpuni serta mempunyai daya nalar yang jauh kedepan. Sekaligus tertib administrasi dan ketepatan dalam melaksanakan kegiatan dilapangan, ujar Puji Astuti.

Untuk itulah sebabnya, salah satu upaya Tim Penggerak PKK Pusat untuk memberikan penghargaan bagi para kader PKK,  mulai tahun 2010 diadakan lomba Hari Kesatuan Gerak PKK.

Untuk tahun 2018, Lomba yang diadakan meliputi Lomba Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja dengan kasih sayang, UP2K, Hatinya PKK dan Iva test. Dari sejumlah lomba tersebut, tiga nominator tingkat Provinsi Jawa Tengah, antara lain, Lomba Administrasi PKK nominatornya Kabupaten Jepara, Cilacap dan Wonosobo, Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja dengan Kasih sayang, nominator tingkat Jawa Tengah yakni Kabupaten Blora, Cilacap dan Wonogiri. Lomba UP2K nominatornya Kabupaten Pekalongan, Wonosobo dan Sragen. Lomba Hatinya PKK nominatornya Kabupaten Semarang, Klaten dan Wonogiri, da Lomba Iva Test nominatornya Kabupaten Pekalongan, Pemalang dan Sukoharjo.

Bupati Cilacap yang diwakili Sekretaris Daerah, Drs. Farid Maruf, MM dalam kesempatan tersebut menyampaikan, PKK memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga menuju keluarga yang  sejahtera. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Cilacap senantiasa mendukung berbagai kegiatan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK di semua tingkatan, sehingga dapat berjalan dengan baik.

Melalui pelaksanaan 10 Program Pokoknya, PKK terbukti mampu mendukung peningkatan kesejahteraan keluarga pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Dan saya yakin, apabila 10 Program Pokok PKK mampu dilaksanakan disemua tingkatan, bahkan sampai ke tingkat Dasa Wisma, maka peran dan kontribusi PKK akan mampu menjadi salah satu kunci penentu kesuksesan setiap program pembangunan.

Menyadari arti dan pentingnya peran PKK,lanjut Sekda, Pemerintah  Kabupaten Cilacap telah menempatkan PKK sebagai mitra kerja dalam setiap pelaksanaan program pembangunan daerah khususnya dalam hal pemberdayaan kaum perempuan.

Perkembangan PKK Kabupaten Cilacap, sungguh menggembirakan, karena saat ini PKK Kabupaten Cilacap telah menunjukan kiprahnya secara nyata, dalam membantu meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat. Berbagai kegiatan baik fisik maupun non fisik, seperti  penyuluhan, pembinaan, pelatihan, kursus-kursus  maupun pemberian bantuan modal usaha kepada masyarakat, merupakan wujud nyata PKK dalam membantu kesejahteraan masyarakat, ujar Sekda.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap, Ira Syamsul Auliya Rachman juga menyampaikan paparan dihadapan tim penilai terkait dengan kiprah dan kerja PKK dalam ikut serta mensukseskan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Cilacap.

Usai melakukan penilaian Administrasi, tim selanjutnya melakukan peninjauan lapangan ke Desa Mrenek Maos dan Bunton Adipala. (hromly)