Wabup Cilacap serahkan hadiah kepada para pemenang lomba Krenova 2018

0
497
image_pdfimage_print

HUMAS CILACAP. Para pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat/Krenova dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional/Harteknas ke 23 tingkat Kabupaten Cilacap, menerima penghargaan, piala, dan uang pembinaan dari Pemkab Cilacap.

Penyerahan hadiah lomba dilakukan oleh Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, pada acara Sosialisasi Hasil Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat, diaula Balitbangda Cilacap, Rabu (12/09). Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Cilacap bekesempatan melaunching Produk Hasil Inkubasi berupa “Krupuk Durjon”, asli dari Kecamatan Kampung Laut.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala Bapelitbangda, Sumbowo, Kepala Pusat Pengembangan Tehnologi wilayah Yogyakarta, dan sejumlah pejabat dijajaran Pemkab Cilacap.

Menurut Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bapelibangda, Ir. Aris Sunarya, Msi, peringatan Harteknas bertujuan untuk memperingati keberhasilan putra-putri Indonesia dalam penguasaan, pemanfaatan dan pemajuan Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi/IPTEK. Sekaliugs untuk mendorong inovasi dan kreativitas masyarakat bagi peningkatan kesejahteraan, daya saing dan peradaban bangsa Indonesia.

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas pelajar SLTA, mahasiswa dan masyarakat umum dalam mengembangkan ide, gagasan dan inovasinya melalui ajang Lomba Krenova.

Aris menyampaikan, lomba Krenova yang dimulai sejak November 2017 hingga Juli 2018 dengan berbagai tahapan lomba, diikuti 86 kelompok dari kategori pelajar dan 32 kelompok dari kategori Umum yakni masyarakat dan mahasiswa.

Tiga temuan terbaik dalam Lomba Krenova 2018 yang dipaparkan dihadapan para peserta sosialisasi yakni, “Kerupuk Durjon Anti Oksidan sebagai Alternatif Nilai Tambah Finansial bagi Masyarakat Pesisir Cilacap”, karya dari SMK YPE Cilacap. “Produk Kosmetika Berbahan Baku Minyak Hati Ikan Cucut Botol sebagai Diversivikasi Produk Kelautan khas Cilacap, karya dari STIKES Al Irsyad Al Islamiyah, dan “Masker Anti Mata Minus” karya dari SMA Negeri 1 Adipala.

Dibagian lain Aris juga melaporkan, sejumlah prestasi dari berbagai sekolah di Cilacap yang berhasil menorehkan prestasi baik di tingkat regional maupun internasional. Prestasi tersebut antara lain diraih, SMA Negeri 3 Cilacap sebagai Finalis Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia/Fiksi Kemendikbud, Finalis Astra Green Energy, dan Finalis National Young Inventor Award. Kemudian SMA Negeri 1 sampang sebagai salah satu wakil Indonesia, dalam Young Inventors Challenge di Malaysia, lolos sebagai peserta High School Reserarch Camp tingkat Nasional, Lomba Karya Hasil Penelitian tingkat Jawa Tengah. SMA Sri Mukti Cilacap sebagai Juara I Lomba Esay Soedirman Science Competition/SSC tingkat Nasional, serta SMAN 1 Adipala, SMAN I Sampang, dan SMK Boedi Oetomo Gandrungmangu sebagai finaslis Lomba karya Hasil Penelitian tingkat Jawa Tengah.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman dalam kesempatan tersebut mengajak kepada generasi muda untuk mau merubah mainset, jangan hanya terjebak dalam satu kegiatan yang bersifat rutinitas semata. Tetapi bisa menjadi generasi jaman “Now” yakni generasi yang mau berubah. Karena orang yang berhasil mencapai prestasi tinggi, adalah orang-orang yang berani keluar dari zona nyaman. Artinya berani keluar dari rutinitas yang dijalaninya, berani berkreasi dan berinovasi, ujar Wabup.

Lebih lanjut dikatakan, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan aset yang dapat dimanfaatkan secara positif oleh seluruh komponen bangsa, karena penguasaan teknologi secara tepat, cepat dan akurat akan turut mendorong peningkatan kegiatan usaha masyarakat, sehingga terjadi alih teknologi dari inventor atau pemilik teknologi kepada masyarakat pengguna teknologi.

Menurut Wabup, penguasaan teknologi tepat guna sangat penting dan strategis, karena akan memberikan pengaruh bagi perubahan pola pikir masyarakat, meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi, sehingga akan menjadi nilai tambah dan daya saing yang pada akhirnya akan berdampak pula pada peningkatan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat.

Oleh karena itu, Wabup menghimbau agar inovasi yang dihasilkan oleh pelajar, mahasiswa dan masyarakat tidak hanya berhenti sebagai inovasi saja, tetapi dapat ditangkap secara cerdas sebagai sebuah peluang yang dapat dikembangkan lebih lanjut oleh Pemerintah Daerah, dunia usaha, UMKM, akademisi dan lainnya untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Pemenang Lomba Krenova 2018 kategori pelajar, yakni Juara I, SMK YPE Cilacap dengan temuan Kerupuk Durjon Anti Oksidan sebagai Alternatif nilai tambah bagi masyarakat Pesisir Cilacap. Juara II diraih SMAN I Adipala dengan temuan “ Masker Anti Mata Minus”  dan Juara III diraih oleh SMK Boedi Oetomo Gandrungmangu dengan hasil temuan “ Pemanfaatan Daun Binahong dan Daun Sukun sebagai Alternatif pengganti Detergen”.

Sedang juara Harapan I, II dan III, masing-masing diraih oleh SMAN I Sampang dengan temuan “Permen Penjinak Asam Urat dari Limbah Kulit Mlinjo dan Daun Sirsak, SMAN 3 Cilacap dengan temuan, “Tirai Peredam Polusi Udara”, dan MAN I Cilacap dengan temuan “Susu Biji Rambutan Anti Diabetes”.

Sedang Pemenang Krenova untuk Kategori Umum. Juara I diraih oleh STIKES Al Irsyad Al Islamiyah dengan temuan, Produk Kosmetika berbahan baku Minyak hati Ikan Cucut Botol sebagai Diversifikasi produk kelautan khas Cilacap. Juara Kedua, UNUGHA Cilacap dengan temuan, “Tongkat Praktis Paralon”, dan Juara Ketiga diraih UNUGHA dengan temuan Penggunaan Drum Kiln pada proses produksi arang tempurung klapa.

Sedang Juara Harapan kategori Umum, antara lain Juara Harapan I diraih  SMA Srimukti Cilacap dengan temuan “Sirup Anti Stroke”, Juara Harapan II diraih SMAN I Sampang dengan temuan “Batako Peredam Polusi Udara”, dan Juara Harapan III diraih SMKN Karangpucung dengan temuan, “ Literasi “Kurang Ajar” Berbasis Android”.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman juga memberikan penghargaan kepada Guru Pembimbing Inspiratif yang diraih oleh Agus Darwanto dari SMA Sri Mukti.  (hromly)