13 Agustus 2022

Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri membuka kegiatan Pelatihan Pemantapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yang dilaksanakan di Hotel Aldo pada Senin (01/08/22) tersebut dengan mengalungkan tanda peserta secara simbolis.

CILACAP – Sebanyak 74 siswa dan siswi telah terpilih untuk mengikuti Pelatihan Pemantapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 dalam rangka menyambut HUT Ke-77 Republik Indonesia. Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri membuka kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aldo pada Senin (01/08/22) tersebut dengan mengalungkan tanda peserta secara simbolis.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap Paiman, dalam laporan kegiatannya menyampaikan bahwa 74 siswa dan siswi pilihan tersebut merupakan murid kelas 10 dari SMA dan SMK baik Negeri maupun Swasta di seluruh Kabupaten Cilacap yang sebelumnya telah mengikuti proses seleksi.

Seleksi diadakan di beberapa lokasi diantaranya yaitu di eks Distrik Majenang pada tanggal 21 Juli 2022, di eks Distrik Sidareja pada tanggal 22 Juli 2022, di eks Distrik Kroya pada tanggal 25 Juli 2022, di eks Kotip Cilacap pada 26 Juli 2022, dan Pantukhir di Stadion Wijayakusuma pada tanggal 28 Juli 2022.

“Hasil Pantukhir adalah eks Distrik Majenang terpilih putra 3 orang dan putri 2 orang, eks Distrik Sidareja terpilih putra 3 orang putri 1 orang, eks Distrik Kroya terpilih putra 6 orang dan putri 5 orang, eks Kotip Cilacap terpilih putra 23 orang dan putri 28 orang. Total jumlah putra sebanyak 35 orang, jumlah putri sebanyak 39 orang dan jumlah keseluruhan sebanyak 74 orang,” jelasnya.

Waktu pelaksanaan pelatihan atau karantina mulai tanggal 30 Juli 2022 sampai dengan 16 Agustus 2022 bertempat di Hotel Aldo dan Alun-alun Kabupaten Cilacap. Unsur pelatih yaitu 2 orang TNI dari Kodim 0703 Cilacap, 1 orang dari TNI AL, 1 orang dari Polres Cilacap, 1 orang dari Sipil dan 1 orang Staf Bagian Kompimpro Setda Cilacap.

Kemudian tujuan dari diadakannya Pelatihan Pemantapan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 adalah untuk memupuk persatuan dan kesatuan, berbangsa dan bernegara, patriotism serta cinta tanah air dikalangan pemuda.

“Meningkatkan partisipasi dan peran aktif pemuda dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Kemudian memberi kesempatan pada pemuda untuk berekspresi dan berkreatifitas, sesuai potensi dan keahlian yang dimiliki,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Sekda mengatakan bahwa menjelang peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, secara nasional dan daerah diadakan pemilihan Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, yang terdiri dari para pelajar pilihan tingkat SLTA dan sederajat. Ini mengandung makna simbolis, yakni sebagai estafet pewaris dan pelestarian nilai-nilai semangat perjuangan kepada generasi muda, selaku penerus perjuangan bangsa.

“Untuk itu, sudah menjadi kewajiban kalian semua, agar kepercayaan dan kesempatan yang tidak dimiliki oleh setiap siswa hendaknya dapat kalian syukuri. Salah satu ungkapan rasa syukur ini, adalah dengan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, dari mulai latihan hingga pada saat pengibaran dan penurunan bendera nanti,” ucapnya.

Sekda juga menekankan bahwa dikarenakan puncak peringatan proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah upacara itu sendiri, sehingga sudah seharusnya kesuksesan tim dalam menjalankan tugas yang sangat berat namun mulia ini, menjadi tekad serta komitmen bersama.

“Tekad ini saya minta untuk diwujudkan melalui latihan yang sungguh-sungguh dan penuh dengan rasa tanggungjawab yang tinggi, sehingga pada saatnya nanti tugas tersebut dapat dilaksanakan dengan sukses,” tegasnya. (hen)