9 Februari 2023

Ketua Mabicab H. Tatto Suwarto Pamuji mengalungkan tanda peserta LT III kepada perwakilan peserta.

CILACAP – Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Cilacap membuka pelaksanaan Lomba Tingkat III (LT III) Regu Penggalang Tingkat Kwartir Cabang 1101 Cilacap Tahun 2022. Pembukaan dilaksanakan dalam suatu upacara di lapangan Bumi Perkemahan Jambusari Kecamatan Jeruklegi pada Rabu (9/11/2022). Lomba LT III akan dilaksanakan dari tanggal 9 sampai 12 November 2022.

Turut hadir dalam upacara pembukaan LT III Bunda Hj. Teti Rohatiningsih, para anggota Mabicab, Pengurus Kwartir Cabang, para Camat selaku Ketua Mabiran dan Para Ketua Kwartir Ranting se-Kabupaten Cilacap.

Dalam lomba yang bertema “Penggalang Cerdas, Kreatif, Tangguh, dan Berkarakter” tersebut ketua panitia lomba Ngadiman dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dan tujuan diselenggarakannya lomba adalah untuk membina, menanamkan, dan meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan bernegara. Selain itu juga memupuk rasa persatuan dan kesatuan serta jiwa pejuang bagi generasi muda Indonesia.

“Agar dapat terpadu pribadi yang tangguh, berkarakter, kreatif, dan siap meneruskan nilai-nilai perjuangan dari generasi sebelumnya dan juga melatih ketahanan mental, jasmani, dan rohani,” kata Ngadiman.

Peserta lomba LT III adalah anggota Pramuka Penggalang putra dan putri perwakilan dari seluruh Kwarran di Kabupaten Cilacap dengan jumlah peserta sebanyak 384 orang, pendamping putra putri 48 orang, dan pimpinan kontingen 24 orang. Jumlah seluruhnya adalah 456 orang. Kegiatan yang dilombakan nantinya mencangkup 22 materi.

Ketua Mabicab dalam sambutannya menyambut baik pelaksanakan LT III dan menyampaikan bahwa pendidikan Pramuka merupakan pendidikan yang menyenangkan dan penuh dengan pengembangan sikap serta rasa persatuan.

“Kegiatan ini bertujuan membina dan mengembangkan sikap taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, teguh, mandiri, peduli, bertanggungjawab, meningkatkan wawasan kebangsaan serta rasa persaudaraan dan persatuan,” katanya.

Untuk itu ia berpesan kepada para peserta lomba untuk dapat menunjukan jati diri dan memberikan yang terbaik. “Adik-adik Pramuka Penggalang sebagi duta-duta dari masing-masing Kecamatan se-Kabupaten Cilacap untuk dapat menunjukan jati diri serta prestasi sehingga dapat menjadi kebanggaan sebagai yang terbaik dalam ajang Lomba Tingkat III Tahun 2022 Tingkat Kwartir Cabang Cilacap 1101 Cilacap,” tambahnya.

Ketua Mabicab juga mengingatkan bahwa LT III adalah lomba yang menjunjung sportifitas serta pemenangnya akan mewakili Kwarcab pada LT IV Kwarda Jawa Tengah. “Perlu diingat bahwa Lomba Tingkat III adalah pertemuan Pramuka Penggalang yang berbentuk perlombaan, sehingga sangatlah penting untuk menjunjung tinggi sportifitas, karena bagi yang menang akan mewakili kontingen sebagai duta Kwartir Cabang 1101 Cilacap pada kegiatan Lomba Tingkat IV di Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 November – 2 Desember 2022 di Semarang,” pungkasnya.