Bupati Cilacap Ajak Masyarakat Konsumsi Sayuran Sehat

0
141
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di dampingi anggota DPR RI Teti Rohatiningsih dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap saat melaksanakan panen sayuran hidroponik di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja.
image_pdfimage_print

CILACAP – Dalam kondisi pandemi Covid-19, hidup sehat harus menjadi budaya di masyarakat. Salah satunya dengan mengkonsumsi sayuran sehat. Demikian ajakan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji saat melaksanakan panen sayur hidroponik di Desa Majingklak Kecamatan Wanareja Jumat (25/6/2021).

Pada kesempatan tersebut Bupati menyampaikan bahwa sayur di Kabupaten Cilacap masih mengambil dari luar daerah, dan ternyata dengan memanfaatkan teknologi hidroponik masyarakat Cilacap bisa menanamnya bahkan di lahan yang sempit. Bupati juga mengapresiasi Petani Holtikultura Cilacap Desa Majingklak yang telah sukses membudidayakan sayuran secara hidroponik dengan hasil yang luar biasa.

“Sayur-sayuran yang ada di Cilacap masih mengambil dari luar daerah, ternyata petani di Desa Majingklak ini bisa memproduksi sayur-sayuran yang sehat, saya berharap kedepannya Cilacap dapat menjadi produsen sayur-sayuran dengan teknologi hidroponik ini tidak hanya di desa, masyarakat perkotaanpun bisa menanamnya,” kata Bupati.

Anggota DPR RI Teti Rohatiningsih yang mengikuti kegiatan panen juga menghimbau terutama kepada kelompok wanita tani yang ada di desa-desa untuk terus berkarya dan berkreasi, salah satunya pertanian hidroponik dan penggunaan barang organik. Selain untuk konsumsi sehari-hari diharapkan nantinya dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

“Mari kita berdayakan alam sebaik mungkin, Pak Bupati, Camat, dan Kepala Dinas sebagai koordinator untuk terus menggerakan masyarakat dan berkarya serta berinovasi, salah satunya di dunia pertanian,” kata Teti Rohatiningsih.

Lebih lanjut Teti Rohatiningsih menyampaikan untuk penjualan dan pasar petani holtikultura tidak usah khawatir, karena sudah ada paguyuban PHC (Petani Holtikultura Cilacap) yang siap membantu untuk pemasaran.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap Supriyanto, menyampaikan untuk pemasaran produk holtikultura di Cilacap sudah terbentuk Paguyuban Petani Holtikultura Cilacap yang sudah memiliki pasar terutama di wilayah Bandung dan Jakarta.

“Untuk pasar produk holtikultura Cilacap sudah memiliki Paguyuban PHC yang sudah memiliki pasar sendiri, yaitu di daerah Bandung dan Jakarta. Karena intinya adalah budidaya yang baik bisa menghasilkan produk yang baik dan mendapat harga yang baik dipasaran sehingga petani sejahtera,” kata Supriyanto.