28 September 2022

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menghadiri Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Ke-39 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yang bertempat di Gelanggang Olahraga Wijayakusuma pada Selasa (20/09/22).

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menghadiri Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Ke-39 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yang bertempat di Gelanggang Olahraga Wijayakusuma pada Selasa (20/09/22).

Turut hadir dalam acara tersebut jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap atau yang mewakili, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, para Pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap. Bupati Cilacap bersama dengan Wakil Bupati Cilacap beserta Forkopimda dan Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap juga melakukan pelepasan 10 bola yang kemudian ditangkap oleh para atlet.

Bupati Cilacap yang menyampaikan sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali menerangkan bahwa bangkitnya ekonomi dan produktifitas masyarakat melalui olahraga setelah melewati keterbatasan aktifitas fisik selama masa 2 (dua) tahun pandemi covid-19 menjadi momentum peringatan HAORNAS yang dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 67 Tahun 1985 tentang Hari Olahraga Nasional.

“Kolaborasi dan komitmen yang kuat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, swasta dan stakeholder olahraga untuk bersama-sama dalam mencetak juara dibidang olahraga dalam prosesnya sangatlah panjang. Diawali melalui pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan sport science,” ucapnya.

Dijelaskan juga bahwa lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON) diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas.

“Yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi. Oleh sebab itu maka tema peringatan HAORNAS XXXIX Tahun 2022 ini adalah Bersama Cetak Juara,” terangnya.

Dalam laporan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cilacap Paiman disampaikan bahwa acara tersebut diikuti oleh 60 tamu undangan dan kurang lebih 400 peserta dengan rincian yaitu 93 peserta dari unsur olahraga pendidikan, 31 peserta dari unsur olahraga masyarakat dan 276 peserta dari unsur olahraga prestasi. Acara diakhiri dengan melakukan senam bersama diikuti oleh Bupati Cilacap, Wakil Bupati Cilacap, Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap beserta seluruh tamu undangan dan peserta yang hadir. (hen)