13 Agustus 2022

Bupati Cilacap memberikan tumpeng kepada Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Cilacap Djumadi dalam acara Hari Koperasi Ke-75.

CILACAP – Sebagai wujud dukungan Pemerintah Kabupaten Cilacap terhadap gerakan Koperasi, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji hadir dalam acara Resepsi Hari Koperasi ke-75 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022 yang digelar pada Kamis (28/07/22) di Fave Hotel Cilacap. Bupati Cilacap juga memotong tumpeng yang diberikan kepada Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Cilacap Djumadi.

Dalam sambutannya, Bupati Cilacap mengucapkan selamat kepada seluruh Gerakan Koperasi di Kabupaten Cilacap yang saat ini telah memasuki usia yang ke-75. “Melalui momen Peringatan Hari Ulang Tahun Koperasi ke-75, saya berharap agar koperasi semakin tumbuh kuat sebagai gerakan ekonomi rakyat yang mampu meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya,” pesan Bupati.

Dikatakan juga bahwa di usia yang ke 75, banyak koperasi yang telah maju dan dapat memberikan manfaat bagi anggota dan masyarakat. Koperasi-koperasi tersebut terbukti telah membantu memberikan pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Pertumbuhan ekonomi bisa saja tercapai, tapi belum tentu terjadi pemerataan kesejahteraan masyarakat, dan solusi yang tepat untuk melakukan pemerataan pendapatan tersebut adalah melalui koperasi. Hal ini karena koperasi dapat menjalankan peran sebagai pemutus mata rantai kesenjangan di kalangan masyarakat,” ucapnya.

Ketua Dekopinda Kabupaten Cilacap mengatakan bahwa koperasi di rancang sebagai soko guru perekenomian nasional. Koperasi juga merupakan usaha bersama untuk kemakmuran bersama yang tumbuh dari gerakan kebangsaan berdasarkan asas kekeluargaan, kegotongroyongan, tolong menolong dan percaya kepada diri sendiri.

“Dengan tema Hari Koperasi ke-75 ini yaitu Transformasi Digital dan Peran Milenial Membangun Kemandirian Koperasi, menyesuaikan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi revolusi industri 4.0. Oleh karena itu kepada koperasi dan pelaku UMKM tidak boleh ketinggalan langkah, harus melakukan perubahan dalam strategi dan model bisnis dengan menggunakan teknologi digital,” pesannya.

Ketua panitia HUT Koperasi Ke-75 Musliman juga menjelaskan bahwa sebelumnya telah dilaksanakan beberapa rangkaian agenda diantaranya Gowes Bersama di Taman Kota Majenang serta Jalan Sehat dan Resik Pantai Cemara Sewu. Dilakukan beberapa acara dengan sasaran kaum milenial yaitu Sosialisasi tentang Koperasi di SMA Negeri Maos, SMA Negeri Majenang dan SMK Negeri 1 Cilacap. (hen)