Bupati Cilacap Ikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

0
123
Bupati Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Daerah Farid Ma'ruf beserta jajaran Forkopimda berfoto bersama usai ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual
image_pdfimage_print

CILACAP – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2021, Bupati Tatto Suwarto Pamuji mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Ruang Prasandha. Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo dari Gedung Pancasila.

Turut hadir mengikuti upacara secara virtual di Ruang Prasandha Sekretaris Daerah Farid Ma’ruf, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, GM Pertamina Joko Pranoto serta jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo berpesan agar peringatan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni harus dapat mengokohkan nilai-nilai pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan. Yang harus diwaspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi,” ucapnya.

Presiden juga mengatakan bahwa teknologi jaman sekarang sangat berperan penting dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam memajukan bangsa.

“Perluasan dan pendalaman Pancasila tidak bisa lagi dilakukan dengan cara biasa namun perlu memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0. Sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berke-Indonesia-an,” terangnya.

Oleh karena itu, Presiden mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar dapat bersama-sama bersatu membangun Indonesia dengan tetap menerapkan nilai-nilai Pancasila namun dengan lebih memperhatikan perkembangan global.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju yang kita cita-citakan. Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila, Selamat membumikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” jelasnya. (hen)