Bupati Cilacap Pantau Pos Pam Jelang Arus Mudik Libur Idul Fitri 1443 H

image_pdfimage_print

CILACAP – Dalam rangka mempersiapkan pengamanan dan kelancaran menjelang arus mudik menyambut libur Idul Fitri 1443 H, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji beserta jajaran Forkopimda lakukan pemantauan di beberapa Pos Pengamanan dan Pelayanan di sejumlah titik lokasi di Kabupaten Cilacap pada Rabu (27/04/22).

Beberapa titik lokasi yang dipantau langsung yaitu Pos Pam Terminal Bus Cilacap, Pos Pam Adipala, Pos Pam Sampang, Pos Pam Karangpucung dan Pos Pam Mergo Dayeuhluhur. Turut serta memantau Pos Pam Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap.

Ditemui dalam kegiatan tersebut, Bupati berpesan kepada segenap masyarakat yang akan melakukan mudik untuk melakukan booster seperti syarat yang diberlakukan oleh Pemerintah agar nantinya tidak meningkatkan angka positif Covid-19.

“Sudah 2 tahun kita tidak mudik karena adanya pandemi Covid, kita tentu kangen ingin menengok keluarga di kampung halaman. Pemerintah kini memperbolehkan mudik tetapi dengan syarat yaitu harus booster, maka kalau masuk Cilacap belum booster, harus booster dulu,” pesan Bupati.

Meskipun terdapat kenaikan harga di beberapa komoditas pangan, Bupati memastikan sembako di Kabupaten Cilacap aman selama libur Idul Fitri 1443 H yang telah dipastikan dengan melakukan operasi pasar.

“Sembako kita sudah operasi pasar, ada kenaikan sedikit karena memang setiap lebaran pasti ada kenaikan. Tetapi Pemkab Cilacap bersama dengan Forkopimda telah turun ke pasar, persediaan untuk sembako aman, gas aman, hanya daging saja yang (harganya) naik,” ucapnya.

Kapolres Cilacap menerangkan bahwa di Kabupaten Cilacap disediakan sebanyak 14 Pos Pam di berbagai titik lokasi baik Pos Terpadu dan Pos antisipasi tempat wisata ketika dalam libur lebaran.

“Jadi ada 14 Pos Pam untuk antisipasi arus mudik dan ada 3 titik di jalur masuk perbatasan Kabupaten Cilacap yaitu perbatasan Jawa Barat yaitu di Pos Mergo, kemudian Pos Rawa Apu dan wilayah timur yaitu Pos Sampang,” ungkapnya.

Kapolres juga menjelaskan bahwa Polres Cilacap akan memperkuat pengamanan di Pos Sampang dikarenakan jalur tersebut merupakan jalur yang digunakan oleh para pemudik di wilayah selatan Jawa sehingga nantinya akan terjadi kepadatan arus mudik di titik tersebut.

“Di Pos Sampang nanti akan kita perkuat karena salah satu titik pertemuan arus dari berbagai pintu masuk wilayah jawa yang melalui jalur selatan khususnya di Cilacap, itulah persimpangan itu yang nantinya akan kita perkuat jika nantinya akan ada peningkatan arus,” ucapnya.

Dijelaskan juga bahwa  telah disiapkan 660 personil gabungan dari POLRI, TNI dan Pemkab Cilacap serta back up personil Brimob dari Polda untuk pengamanan dan pelayanan, serta nantinya di beberapa Pos disediakan beberapa fasilitas dan tempat untuk beristirahat bagi para pengguna jalan ketika melakukan mudik.

“Kita sudah siapkan personil di beberapa pos pelayanan untuk masyarakat yang mudik. Salah satunya di Pos Mergo ini lengkap, ada tempat pelayanan dan juga tempat untuk istirahat bahkan ada bengkel juga dan semuanya gratis, jadi silahkan bagi para pemudik untuk dapat memanfaatkan fasilitas tersebut,” pesan Kapolres.

Dalam kegiatan tersebut, Pemkab Cilacap juga menyerahkan parcel untuk para petugas yang diserahkan langsung oleh Bupati Cilacap dan Forkopimda kepada petugas di masing – masing Pos Pam. (hen)

Next Post

Lapangan Basket Lengkapi Sarana Olahraga Eks Batalion 405/SK Cilacap

Ming Mei 1 , 2022
CILACAP – Komandan Korem (Danrem) 071 Wijayakusuma Kolonel (Inf) Yudha Airlangga dan Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berkesempatan untuk meletakan batu pertama sebagai awal pembangunan lapangan basket di lapangan eks Batalion 405/SK Cilacap. Acara yang berlangsung pada hari Sabtu (30/4/22) tersebut dihadiri oleh Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol (Inf) Andi […]
Instagram
Telegram
WhatsApp