Bupati Cilacap Sambut Kunjungan Kerja Bupati Pangkep

image_pdfimage_print

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyambut kedatangan Bupati Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) Provinsi Sulawesi Selatan Muhamad Yusran Lalogau beserta rombongan dalam Kunjungan Kerja di Kabupaten Cilacap. Acara penyambutan diselenggarakan di ruang Gadri Komplek Rumah Dinas Bupati pada Kamis (20/01/22).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Bupati Pangkep didampingi oleh Direktur Utama Semen Tonasa Mufti Arimurti beserta jajaran pejabat Pemkab Pangkep. Turut hadir dalam penyambutan tersebut Plt Presiden Direktur PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI) Lilik Unggul, serta para pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap.

Dalam sambutannya, Bupati Pangkep menyatakan maksud dari Kunjungan Kerja di Kabupaten Cilacap selain untuk mempererat tali silaturahmi antar daerah, juga bertujuan untuk mempelajari perihal pengelolaan sampah khususnya dengan metode Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Refuse Derived Fuel (TPST RDF) yang telah diterapkan oleh Kabupaten Cilacap.

“Jadi niatan kami mengapa bisa sampai di Kabupaten Cilacap yaitu karna permasalahan sampah. Selama ini permasalahan sampah diselesaikan oleh DLH, namun saya berpikir bagaimana kedepannya dengan kondisi TPA yang sudah mulai penuh walaupun sudah dibantu Semen Tonasa. Maka saya sempat berdiskusi ke Menteri Lingkungan Hidup dan disarankan untuk ke Cilacap karena ada inovasi yang bagus disini,” jelasnya.

Bupati Pangkep juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkomunikasi dan belajar dengan PT Solusi Bangun Indonesia (SBI) selaku pihak ketiga yang melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan Pemkab Cilacap tentang Peningkatan Pengelolaan Sampah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Saya sudah bertemu dengan Bapak Lilik beserta seluruh jajarannya dan diperlihatkan bagaimana sampah dibawa dari rumah lalu dibawa ke RDF dan diolah hingga masuk di PT. SBI menjadi bahan bakar. Ini sangat menarik, untuk itu kami datang untuk belajar dari Kabupaten Cilacap. Semoga hal yang kami dapat disini, dapat kami tiru dan terapkan di Sulawesi Selatan terutama Kabupaten Pangkep,” ucapnya.

Plt Presiden Direktur PT. SBI mengatakan bahwa pengelolaan sampah dengan metode TPST RDF sudah diakui di tingkat Kementerian serta kerap mendapat kunjungan dari Pemerintah Daerah lain untuk belajar mengenai pengelolaan sampah yang diterapkan di Kabupaten Cilacap.

“Di level Kementerian pun Cilacap diakui termasuk Pemerintah Daerah yang menjadi pilot untuk proyek percontohan pengelolaan sampah jadi bahan bakar. Banyak yang ingin belajar dari Cilacap dan Menteri serta Dirjen juga mengakui. Kita senang karena yang kita rintis dari Tahun 2013 melalui proses yang panjang akhirnya bisa terwujud dan menjadi kebanggaan tersendiri bisa menjadi kiblat dari pengelolaan sampah beberapa Pemerintah daerah di Indonesia,” ucapnya.

TPST RDF telah dioperasikan sejak Bulan Agustus 2020 dengan kapasitas 120 ton/hari, dan mengalami peningkatan kapasitas menjadi 140 ton/hari pada semester ke satu tahun 2021 dan 150 ton/hari pada semester dua, serta menghasilkan produk berupa RDF sebesar 37% dan  berkontribusi menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah.

Bupati Cilacap dalam sambutannya berterimakasih kepada Bupati Pangkep serta jajaran yang telah berkunjung dan diharapkan ilmu yang didapatkan di Kabupaten Cilacap dapat menjadi solusi dan dimanfaatkan serta diterapkan dalam hal pengelolaan sampah di Kabupaten Pangkep.

“Semoga dengan informasi yang kami sampaikan mengenai upaya Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam meningkatkan kapasitas pengelolaan TPST RDF agar sampah yang ada di Kabupaten Cilacap dapat terkelola sesuai target dan menjadi sumber energi baru terbarukan dapat memotivasi dan menginspirasi dalam hal penanganan dan upaya pengelolaan sampah serta dapat diterapkan di Kabupaten Pangkep,” kata Bupati.

Sebagai tambahan informasi, Penyelengaraan sarana TPST RDF dilaksanakan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018 tentang Kerja Sama Daerah dengan model Kerja Sama Daerah dengan Pihak Ketiga (KSDPK), yaitu suatu usaha bersama yang dilakukan oleh daerah dengan pihak ketiga dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pemenuhan pelayanan publik, yakni berupa Pengelolaan Sampah. (hen)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berfoto bersama Bupati Pangkep Muhamad Yusran Lalogau beserta jajaran didampingi oleh Direktur Utama Semen Tonasa Mufti Arimurti, Plt Presiden Direktur PT. Solusi Bangun Indonesia (SBI) Lilik Unggul serta jajaran pejabat di Pemkab Cilacap

Next Post

Bupati dan Pertamina RU IV Tanam Pohon Cemara Laut di Pantai Tegalkamulyan

Jum Jan 21 , 2022
CILACAP – Sebagai upaya menahan potensi abrasi di daerah pantai, PT Kilang Pertamina Internasional RU IV bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cilacap dan relawan lingkungan melaksanakan penanaman 3000 pohon Cemara Laut. Penanaman dilaksanakan di pesisir pantai Tegalkamulyan, Cilacap Selatan pada Jum’at (21/2/22). Penanaman ini juga dimaksudkan untuk menjaga kondisi lingkungan […]
Instagram
Telegram
WhatsApp