13 Agustus 2022

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji secara resmi telah menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kepada 1.440 tenaga Guru Tahap II di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Rabu (29/06/22).

CILACAP – Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji secara resmi telah menyerahkan Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) kepada 1.440 tenaga Guru Tahap II di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Rabu (29/06/22).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah Kabupaten Cilacap Warsono serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Cilacap. Dilakukan juga Penandatanganan Perjanjian Kerja secara Simbolis oleh perwakilan PPPK dan Pengambilan Sumpah Janji PPPK pada yang digelar secara daring dan luring tersebut.

Pengambilan Sumpah Janji PPPK oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji
Penandatanganan Perjanjian Kerja secara Simbolis oleh perwakilan PPPK disaksikan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji

Ditemui usai acara, Bupati Cilacap mengucapkan selamat kepada PPPK Guru yang telah menerima Surat Keputusan Pengangkatan tersebut karena telah mampu melewati proses panjang dan perjuangan yang luar biasa, yang kesemuanya itu memerlukan kerja keras serta keuletan untuk menjadi seorang ASN.

“Sebagai bentuk syukur, selain berterimakasih kepada Allah SWT yaitu harus bekerja dengan sungguh – sungguh. Artinya kita harus kerja, menjadi abdi negara, abdi pemerintah, abdi masyarakat, untuk melayani masyarakat,” ucap Bupati.

Bupati Cilacap juga berpesan agar hal yang paling penting sebagai ASN terutama seorang Guru adalah untuk melayani masyarakat. Seorang Guru harus dapat dipercaya dan menjadi contoh, suri tauladan yang baik bagi peserta didik pada khususnya, maupun bagi masyarakat pada umumnya.

“Melayani masyarakat harus dengan sungguh – sungguh, senang hati, dengan humanis, itu yang penting. InsyaAllah yang memberi tugas senang, semua senang maka itu adalah kunci sukses memajukan Cilacap dalam bangga mbangun desa,” ucapnya.

Kepala BKPPD mengatakan bahwa jumlah awal yang lulus sebanyak 1.442 namun 2 orang menyatakan mengundurkan diri. Kemudian untuk SPMT PPPK Guru Tahap II ini terhitung mulai 1 Juli 2022.

“Maka saya dorong kepada PPPK Guru Tahap II untuk push semangatnya semakin baik dibandingkan sebelumnya. Agar nantinya bisa menularkan dan mengukir semangat juga untuk anak didiknya,” kata Kepala BKPPD.

Para PPPK Guru yang telah diberikan SK Pengangkatan juga diharapkan agar segera menyesuaikan dan beradaptasi dengan kurikulum yang baru yaitu kurikulum merdeka.“Kurikulum yang sekarang yaitu merdeka menghendaki materi – materi yang disajikan serba kekinian, maka teman – teman guru diharapkan untuk segera menyesuaikan,” ucapnya. (hen)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Awaluddin Muuri serta sejumlah pejabat mengucapkan selamat kepada PPPK yang menerima SK