29 Juni 2022

Bupati serahkan piala untuk Juara 1 Pemilihan Duta GenRe kepada Rafly Kurniawan Susanto dari Kecamatan Cilacap Tengah.

CILACAP – Untuk memberikan ruang bagi remaja mengekspresikan kreativitasnya dalam pemberian akses informasi, pendidikan dan konseling di (Pusat Informasi dan Konseling) PIK Remaja, Pemkab Cilacap melalui Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KB, PP dan PA) menyelenggarakan kegiatan Grand Final Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2022.

Grand Final diselenggarakan di Ballroom Anggraeni Sindoro Hotel pada Selasa (21/6/22) yang dihadiri oleh Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Sekretaris Daerah Awaluddin Muuri, perwakilan BUMN, dan swasta.

Dalam laporannya, Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap Budi Santosa mengatakan Pemilihan Duta GenRE sebagai apresiasi kepada remaja yang telah menjalankan perannya dengan baik dan berkomitmen tinggi untuk memajukan PIK Remaja dan program pembinaan ketahanan remaja.

“Dengan Duta GenRe akan didapatkan role model figure, panutan dan influencer Program Bangga Kencana yang memiliki kemampuan dan ketrampilan untuk dapat mengajak, mempengaruhi dan mengubah perilaku remaja ke arah yang positif. Selain itu juga melaksanakan aksi nyata dalam kegiatan GenRe untuk meningkatkan promosi “Berencana itu Keren” dan mengembangkan citra positif program generasi berencana di wilahnya,” kata Budi.

Bupati H. Tatto Suwarto Pamuji dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini karena merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat. “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pemberian akses informasi, pendidikan, konseling, sikap, dan perilaku yang positif dalam pengembangan diri secara mental, fisik, intelektual, spiritual, dan sosial bagi remaja,” kata Bupati.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa melalui Program GenRe diharapkan para remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat, yang salah satunya dapat diimplementasikan melalui pemberdayaan teman sebaya (peer group).

“Pemberdayaan peran teman sebaya didasari oleh pemikiran bahwa remaja sangat dipengaruhi oleh teman sebayanya, dalam curhat maupun berdiskusi tentang kesehatan reproduksi. Pemberdayaan teman sebaya diimplementasikan dengan menjadikannya sebagai pendidik dan konselor bagi sebayanya, sehingga informasi yang disampaikan dapat tepat dan sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, melalui kegiatan Pemilihan Duta Generasi Berencana ini besar harapan saya akan melahirkan sosok figur motivator dan role model untuk remaja di Kabupaten Cilacap,” jelasnya.

Diharapkan, peserta Duta GenRe dapat menjadi pelopor dalam membentengi generasi muda Kabupaten Cilacap dari pengaruh negative seperti narkoba dan kenakalan remaja lainnya. Untuk itu, para peserta Duta Generasi Berencana diminta untuk menjadi pioner terdepan dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Cilacap dalam mewujudkan Kabupaten Cilacap yang sejahtera secara merata.

Kegiatan Pemilihan Duta GenRe dilaksanakan melalui beberapa tahap. Dimulai pendaftaran pada tanggal 13 April sampai dengan 31 Mei 2022. Selanjutnya pemberkasan pada tanggal 6 sampai 17 Juni 2022. Tahap berikutnya adalah Challenge peserta pada tanggal 5 sampai 15 Juni 2022. Ujian tertulis, praktek penyuluhan, wawancara, dan minat bakat pada tanggal 20 Juni 2022 dan tahap Grand Final pada tanggal 21 Juni 2022.

Secara lengkap hasil Peserta Pemilihan Duta GenRe adalah Pemenang Duta Genre Tahun 2022

Putra

Juara 1 Rafly Kurniawan Susanto (Cilacap Tengah)

Juara 2 Alfiano Rokan Ardira (Sidareja)

Juara 3 Roni Ardianto (Wanareja)

 

Putri

Juara 1 Ramadhani Selly Noviana (Cilacap Tengah)

Juara 2 Dwi Nur Setyaningsih (Adipala)

Juara 3 Najma Indi Ahna (Kesugihan)

 

Juara Favorit : Joshua Buana Putra (Cilacap Selatan)

Juara influencer : Andrina Nauralisa (Maos)

Juara berbakat : Syakila Sasabila Azis (Cilacap Selatan)