Bupati Kukuhkan Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap Tahun 2022-2024

0
54
Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melakukan Pengukuhan Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap Periode Tahun 2022-2024 di Gedung Sumekar Komplek Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Selasa (11/01/22).
image_pdfimage_print

CILACAP – Dalam upaya meningkatkan fungsi dan tata kelola irigasi di Kabupaten Cilacap, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji melakukan Pengukuhan Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap Periode Tahun 2022-2024 di Gedung Sumekar Komplek Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Selasa (11/01/22).

Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap telah dibentuk sesuai dengan Keputusan Bupati Cilacap Nomor : 611/685/18/Tahun 2021 tanggal 31 Desember 2021 Tentang Pembentukan Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap Periode 2022-2024. Susunan keanggotaannya terdiri dari wakil pemerintah, wakil petani pemakai air yang tergabung dalam P3A, GP3A, IP3A dan wakil kelompok pengguna jaringan irigasi lainnya, serta wakil Perguruan Tinggi dan LSM / pemerhati irigasi.

Bupati menyampaikan, dibentuknya Komisi Irigasi mengacu kepada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 17 Tahun 2015 tentang Komisi Irigasi yaitu pembentukan Komisi Irigasi diperlukan sebagai wadah koordinasi pengelolaan jaringan irigasi.

“Untuk mewujudkan pengembangan dan pengelolaan sistem irigasi serta menempatkannya sebagai lembaga koordinatif untuk mewujudkan pengembangan pengelolaaan irigasi yang demokratis, transparan, bertanggungjawab dan mengutamakan petani,” ucapnya.

Bupati berharap dengan dikukuhkannya Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap, maka koordinasi dan komunikasi antara pemerintah, Instansi maupun lembaga yang terkait, serta perkumpulan petani pemakai air dan pengguna jaringan irigasi lainnya dapat terjalin dengan baik. Hal tersebut dalam rangka menjamin daya guna air irigasi, produktivitas, sistem jaringan irigasi, pengembangan tata guna air, serta pola keterpaduan penanganannya.

“Untuk mewujudkan itu semua, dibutuhkan kerja keras dan komitmen dari seluruh pengurus Komisi Irigasi Kabupaten Cilacap. Pengurus yang baru harus mampu meningkatkan sinergitas dan merangkul seluruh stakeholders terkait, sehingga kemajuan dan peningkatan tata kelola Irigasi di Kabupaten Cilacap dapat terwujud,” pesan Bupati.

Komisi Irigasi mempunyai wilayah kerja meliputi Daerah Irigasi yang pengelolaannya  menjadi wewenang dan tanggungjawab kabupaten, yaitu meliputi daerah irigasi yang luasnya kurang dari 1000 ha. Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Cilacap Saeful Hidayat mengatakan bahwa Pengguna Air Irigasi dan serta unsur Pemerintah sudah berjalan kondusif.

“Yang menjadi kesepakatan jadwal tata tanam yang ditetapkan oleh Bapak Bupati, masyarakat seluruh petani sudah bisa menyesuaikannya. Kemudian pada saat pengeringan yang semestinya untuk MT3 irigasi tidak mengalir di Kabupaten Cilacap namun dapat terselenggara dengan kondusif,” jelasnya. (hen)

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji berfoto bersama para anggota Komisi Irigasi yang telah dikukuhkan