28 September 2022

Ketua Mabicab dan Ketua Kwarcab 1101 Cilacap berfoto bersama kontingen Jambore Nasional XI tahun 2022.

CILACAP – Sebanyak 21 orang yang tergabung dalam kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) 1101 akan mengikuti kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022 di Cibubur, Jakarta. Jamnas akan berlangsung dari tanggal 11 sampai 21 Agustus 2022. Kontingen Kwarcab 1101 Cilacap dilepas keberangkatannya oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka di ruang Gadri Kantor Bupati pada hari Rabu (10/8/2022).

Ketua Kwarcab 1101 Cilacap Awaluddin Muuri dalam laporannya yang dibacakan Ketua Harian Sujito, menyampaikan bahwa kontingen Cilacap terdiri dari unsur peserta, Pembina Pendamping (Bindamping), Pimpinan Kontingen (Pinkon) dan Pendukung.

“Pramuka Penggalang Putra 1 Regu 8 anak, Pramuka Penggalang Putri 1 Regu 8 anak, Bindamping Putra 1 orang, Bindamping Putri 1 orang, Bindamping Atraksi Seni Budaya 1 orang, Pendukung Putra 1 orang, Pendukung Putri 1 orang, jumlah 21 orang. Mereka berasal dari unsur Pengurus/Andalan Kwarcab, Sekretariat serta dibantu Dewan Kerja Cabang (DKC) Kwarcab 1101 Cilacap,” kata Awaluddin.

Lebih lanjut disampaikan juga oleh Ketua Kwarcab bahwa dalam Jambore Nasional yang bertema “Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi” serta bermotto “Satyaku Ku Dharmakan, Dharmaku Ku Baktikan” terdiri berbagai kegiatan yaitu kegiatan di perkemahan, kegiatan rotasi, kegiatan non rotasi dan kegiatan khusus.

“Kegiatan di perkemahan meliputi keagamaan, olahraga, kebersihan, kerapihan dan ketertiban, upacara bendera, permainan persaudaraan, forum penggalang, anjangsana, dan kunjungan pameran. Untuk kegiatan rotasi yaitu keterampilan kepramukaan, kampung pengembangan berkelanjutan, petualangan, teknologi, dan wisata edukasi. Kegiatan non rotasi yaitu kegiatan pendidikan dan seni budaya, diskusi pendidikan, pemutaran film pendidikan, jumpa tokoh/artis, karnaval dan festival nusantara, serta api unggun. Adapun kegiatan khusus adalah upacara hari Pramuka ke-61 tahun 2022, peringatan 110 tahun kepanduan di Indonesia, pembukaan dan penutupan Jamnas XI tahun 2022, upacara HUT Ke-77 tahun 2022, kegiatan kepramukaan berkebutuhan khusus, dan kegiatan festival hari Pramuka,” tambahnya.

Bupati dalam sambutannya mengucapkan selamat atas terpilihnya para peserta yang akan mewakili Kwarcab dalam gelaran Jambore Nasional XI seraya berharap bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

“Kakak secara pribadi dan atas nama Gerakan Pramuka Kabupaten Cilacap beserta seluruh masyarakat menyampaikan selamat kepada adik-adik yang telah terpilih sebagai wakil dari Kabupaten Cilacap untuk mengikuti Jambore Nasional Ke 11 Tahun 2022. Adik-adik merupakan duta dari Kabupaten Cilacap. Oleh karena itu, manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk menambah wawasan, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman,” kata Bupati.

Untuk itu Bupati berharap peserta harus bisa menjaga nama baik Cilacap dan mengikuti kegiatan dengan semangat untuk bisa meningkatkan kemampuan diri dalam hal kepramukaan.

“Sebagai duta, adik-adik mempunyai tugas yang tidak ringan, yakni disamping harus mampu meraih prestasi yang terbaik, juga harus dapat menjaga nama baik Kabupaten Cilacap melalui sikap dan perilaku yang terpuji. Kakak harapkan agar dalam mengikuti kegiatan ini dapat dilaksanakan dengan penuh semangat, penuh disiplin serta riang  gembira,” ujarnya.

Turut hadir dalam pelepasan kontingen Jamnas Kwarcab Cilacap Ketua Kwarcab Cilacap Awaluddin Muuri, para Wakil Ketua Kwarcab Cilacap, dan Pengurus/Andalan Kwarcab Cilacap.

Jambore Nasional diselenggarakannya dengan tujuan membentuk sikap dan perilaku, meningkatkan kemandirian, keterampilan, persatuan dan kesatuan Pramuka Penggalang serta komiten terhadap penghayatan dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Trisatya dan Dasadarma.

Pada Jamnas XI tahun 2022 ini, Kwarda Jawa Tengah secara khusus ditunjuk untuk menampilkan atraksi seni budaya dalam bentuk tari kolosal yang dipadu dengan keterampilan kepramukaan. Kwarcab 1101 Cilacap akan terlibat didalamnya dengan dengan menampilkan seni tari kolosal Sumatera dan Kalimantan untuk regu putri, sedangkan untuk regu putra menampilkan Pioneering Kapal. (mk)

Penyerahan bendera Kwarcab 1101 Cilacap dari Ketua Mabicab Tatto Suwarto Pamuji kepada Pembina Pendamping Putra Ngadiman sebagai tanda pelepasan kontingen.
Pemakaian jaket kontingen oleh Ketua Kwarcab 1101 Cilacap Awaluddin Muuri kepada perwakilan kontingen putri.