8 Februari 2023

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bertindak sebagai Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Cilacap pada Kamis (10/11/22).

CILACAP – Sebagai penghormatan terhadap jasa dan perjuangan dari Para Pahlawan bangsa, Pemkab Cilacap menggelar Upacara Bendera Peringatan Hari Pahlawan Ke-77 Tahun 2022 yang dilaksanakan di Alun-alun Kabupaten Cilacap pada Kamis (10/11/22). Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Dalam amanat Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang dibacakan oleh Bupati Cilacap mengatakan bahwa Hari Pahlawan setiap tahun diperingati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para Pahlawan dalam hidup kita sebagai Bangsa dan Negara Merdeka.

“Kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para Pahlawan Bangsa. Dari para Pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan Kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya,” ucapnya.

Para Pejuang Kemerdekaan Indonesia secara gagah berani melawan tentara – tentara musuh yang bersenjata lengkap, tidak akan mau menyerah pada siapapun juga. Para Pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan Bangsa, Anak dan Cucu kandung Revolusi Indonesia sangat layak untuk diperjuangkan.

“Para Pejuang telah berkorban sampai tetes darah penghabisan untuk Kemerdekaan yang sesungguhnya dan bukan pemberian dari siapapun, melainkan Berkat dan Rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa,” tegasnya.

Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat.

“Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain,” tegasnya.

Sebagai rangkaian Peringatan Hari Pahlawan, Bupati Cilacap bersama dengan jajaran Forkopimda Kabupaten Cilacap juga melakukan Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Surengrono dan Ziarah Laut di Dermaga VI Pelabuhan Tanjung Intan. Dalam acara ziarah tersebut, Bupati Cilacap melakukan tabur bunga sebagai penghormatan kepada Para Pahlawan Bangsa. (hen)