Cilacap Raih Penghargaan Kabupaten Layak Anak Predikat Nindya

0
199
Bupati Tatto Suwarto Pamuji didampingi Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Dian Setyabudi bersama Kepala Dinas KBPPPA Murniyah menyaksikan pemberian penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 untuk Kabupaten Cilacap
image_pdfimage_print

Cilacap – Kabupaten Cilacap berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dengan predikat Nindya oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA RI). Penghargaan tersebut diumumkan secara virtual oleh KemenPPPA dengan disaksikan langsung oleh Bupati Tatto Suwarto Pamuji dari Ruang Prasandha Komplek Pendopo Wijayakusuma Cakti pada Kamis (29/7).

Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota yang berhasil meraih penghargaan setelah sebelumnya melalui proses evaluasi dengan mengukur capaian kinerja melalui 4 indikator.

“Saya mewakili jajaran Kementerian PPPA mengucapkan selamat dan apresiasi kepada pejabat Pemerintah Daerah atas sumbangsih dan kerja nyatanya demi memberikan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di wilayahnya masing-masing kepada 275 Kabupaten/kota yang telah mendapatkan predikat kabupaten/kota layak anak baik tingkat pratama, madya, nindya dan utama,” ucapnya.

Kabupaten Cilacap berhasil meraih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021 dengan predikat Nindya oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA RI) dan diumumkan secara virtual

Bupati Tatto Suwarto Pamuji didampingi oleh Kepala Dinas KBPPPA Murniyah mengucapkan rasa terimakasih atas kerjasama yang telah dibangun sehingga Cilacap naik peringkat dari sebelumnya ditahun 2018 dapat meraih kategori Pratama, ditahun 2019 berhasil raih kategori Madya dan berlanjut ditahun 2021 berhasil naik dengan mendapat kategori Nindya sebagai Kabupaten Layak Anak.

“Pertama saya berterimakasih kepada Dinas KBPPPA Cilacap, Camat, Kepala Desa, dan PKK serta tentunya masyarakat. Pesan saya adalah berikan hak anak terutama pendidikan karena penting dan harus diperhatikan. Dengan diraihnya Kabupaten Layak Anak kategori Nindya ini harus dibuktikan bahwa Cilacap mencintai anak, karena anak yang akan memelihara dan membangun Indonesia ke depan. Saya titip, sayangi anak, berikan hak-hak anak,” ungkapnya.

Kepala Dinas KBPPPA Murniyah menyampaikan bahwa untuk mencapai kategori Nindya memang bukan hal yang mudah namun penuh perjuangan. Hal tersebut juga tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Cilacap dan juga Bupati yang mendukung sepenuhnya untuk Cilacap menjadi Kabupaten Layak Anak semenjak proses evaluasi.

“Hal ini tak lepas dari peran Pemkab Cilacap yang sangat mendukung akan pembangunan yang mengarah pada hak-hak anak yaitu hak sipil, hak hidup, hak berkembang. Terutama hak partisipasi ini Pemkab Cilacap sangat luar biasa jadi dalam merencanakan pembangunan baik itu musrenbang tingkat kabupaten, kecamatan, desa bahkan mengerucut pada kampung KB, disana partisipasi anak sudah diikutsertakan. Alhamdulillah kita bisa menerima Nindya berarti nilainya lebih dari 700 dan memang kesigapan dari Pak Bupati karena peran pimpinan sangat berpengaruh terhadap nilai tersebut,” jelasnya. (hen)