29 Juni 2022

Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji pada peresmian gedung IPHI Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten.

CILACAP – Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten telah diresmikan penggunaannya oleh Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji pada Kamis (23/6/22). Peresmian dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Cilacap Imam Tobroni, Ketua TP PKK Ny. Hj. Teti Rohatiningsih, Camat Kawunganten dan Forkopimcam, jajaran pemerintahan Desa Kalijeruk, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Imam Tobroni mengatakan bahwa gedung IPHI dibangun sebagai pelestari ibadah haji dan juga untuk menjaga kemabruran haji. “IPHI memiliki peran, tugas, dan fungsi utama adalah melestarikan ibadah haji, sehingga hajinya adalah yang mabrur sepanjang hayat. Insya Allah melalui gedung IPHI ini akan menjadi sarana dan media bagi seluruh jamaah haji yang tergabung dalam IPHI ini untuk terus men-charge, me-refresh sehingga kemabrurannya tetap lahir dan besar,” kata Imam Tobroni.

Penandatanganan prasasti peresmian oleh Bupati Cilacap.

Pembangunan Gedung IPHI Desa Kalijeruk yang diberi nama “KH. Hasyim Asy’ari” ini menelan biaya Rp 1.045.670.000,-. Pada peresmiannya, Bupati mengapresiasi apa yang sudah dicapai oleh Pengurus Ranting IPHI Desa Kalijeruk seraya berharap gedung IPHI dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

“Saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap mengucapkan selamat dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap Pengurus IPHI Desa Kalijeruk Kecamatan Kawunganten. Mudah-mudahan keberadaan gedung yang baru ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam mewujudkan tujuan IPHI yakni memelihara dan mengupayakan pelestarian haji mabrur, guna meningkatkan partisipasi umat dalam pembangunan bangsa dan negara yang diridhoi Allah SWT,” kata Bupati.

Bupati menambahkan bahwa keberhasilan pembangunan gedung IPHI tentunya dilandasi oleh suatu tekad, bahwa setiap hasil pembangunan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Saya harap gedung ini dapat digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam menunjang kegiatan pelaksanaan pembinaan, bimbingan, penyuluhan, dan penerangan kepada calon jamaah haji atau prahaji dan pasca haji di Kabupaten Cilacap. Semoga dengan adanya gedung baru ini, akan dibarengi pula dengan semakin meningkatnya keimanan dan ketaqwaan umat Islam kepada Allah SWT,” tambah Bupati.

Foto bersama usai peresmian gedung IPHI.