28 September 2022

Foto bersama pengurus Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cilacap usai pelantikan.

CILACAP – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan kegiatan pertemuan yang diikuti oleh pengurus DWP Unit Kerja Kabupaten, Kecamatan, BUMD dan instansi vertikal. Pertemuan dilaksanakan di Pendopo Wijayakusuma Cakti pada hari Selasa (13/9/2022).

Hadir pada kesempatan tersebut Penasehat DWP Kabupaten Cilacap Ny. Hj. Teti Rohatiningsih, Wakil Penasehat DWP Ny. Ira Tanti Syamsul Auliya Rachman, dan para Ketua DWP masing-masing unit kerja. Acara pertemuan DWP nantinya akan diisi dengan beberapa kegiatan yang akan diikuti oleh pengurus dan anggota DWP.

Pertemuan diawali dengan Pengukuhan Ketua DWP Unit Kerja yang ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan oleh Penasehat DWP. Ketua DWP Kabupaten Cilacap Ny. Fitri Awaluddin Muuri dalam laporannya mengatakan, kegiatan bertujuan selain untuk memperkuat tali silaturahmi diantara pengurus dan anggota DWP juga untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan anggota.

“Meningkatkan kualitas diri para pengurus Dharma Wanita Persatuan, Unit Kerja Kabupaten, Kecamatan dan Instansi Vertikal di Kabupaten Cilacap. Selain itu juga meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan anggota Dharma Wanita,” kata Ny. Fitri.

Ny. Hj. Teti Rohatiningsih dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dharma Wanita Persatuan sebagai wadah persatuan dan kesatuan istri-istri Pegawai Negeri Sipil diharapkan mampu memberikan kontribusi yang nyata terhadap suksesnya pembangunan nasional dan pembangunan daerah.

“Setiap anggota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cilacap senantiasa meningkatkan kualitas hidup dan menyikapi perubahan jaman secara arif dan bijaksana. Untuk itu  diperlukan usaha-usaha yang jelas untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya wanita  baik  fisik maupun intelektualnya, agar makin mampu berkiprah dalam tugas-tugas pembangunan tanpa mengabaikan harkat dan kodratnya sebagai seorang istri  dan seorang ibu,” kata Ny. Teti.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa upaya mengatasi masalah tersebut perlu terus dilakukan dengan mendorong, mengembangkan serta memberdayakan segenap potensi yang ada ataupun dengan mencari terobosan baru yang dapat dikembangkan serta memberikan manfaat secara perorangan maupun organisasi.

“Selagi ibu-ibu masih memiliki kesempatan dan peluang yang luas, saya minta kepada pengurus dan angota Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Cilacap dan Unit Kerja Dharma Wanita Persatuan agar dapat menempa diri seperti dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini,” pungkas Ny. Teti.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada pertemuan DWP Kabupaten Cilacap yaitu Pembinaan Organisasi dengan narasumber Dra. Reni Kusumowardhani, M.Psi (Psikolog Klinis Ahli Madya RSUD Cilacap), Sosialisasi Bahaya Penyalahgunaan Narkoba dengan narasumber Raras Ambororetno, S.Sos., (BNN Cilacap), Pelatihan Daur Ulang dari Pemanfaatan Sampah dengan narasumber Nurchayati (PKBM ANNISA Cilacap), dan Ceramah Pendidikan Parenting dengan tema “Ketahanan Keluarga dalam Pencegahan Stunting“ dengan narasumber Endah Puspitowati, SKM., M.Kes. (Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap).

Kegiatan diikuti oleh 400 peserta dengan rincian 160 orang dari Ketua dan Sekretaris masing-masing unit kerja DWP, dan 80 orang dari masing-masing Bidang Pendidikan, Bidang Ekonomi, dan Bidang Sosial Budaya pada masing-masing unit kerja. (mk)

Penyerahan Surat Keputusan oleh Penasehat DWP Kabupaten Cilacap Ny. Hj. Teti Rohatiningsih.
Pada kesempatan tersebut turut diserahkan pula hadiah kepada pemenang busana adat yang digunakan para ketua unit kerja DWP pada saat upacara peringatan HUT Ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Cilacap oleh Wakil Penasehat DWP Ny. Ira Tanti Syamsul Auliya Rachman.
Pembinaan Organisasi dengan narasumber Dra. Reni Kusumowardhani, M.Psi (Psikolog Klinis Ahli Madya RSUD Cilacap).