29 November 2022

Untuk menampung masukan dan aspirasi serta menyatukan langkah dalam rangka mendorong kondusifitas di wilayah Kabupaten Cilacap, Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar menghadiri acara Peningkatan Kesadaran Ketahanan Bangsa Bagi Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang diselenggarakan di Aula Diklat Praja pada Selasa (22/11/22).

CILACAP – Untuk menampung masukan dan aspirasi serta menyatukan langkah dalam rangka mendorong kondusifitas di wilayah Kabupaten Cilacap, Pj Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar menghadiri acara Peningkatan Kesadaran Ketahanan Bangsa Bagi Organisasi Masyarakat (Ormas)  dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang diselenggarakan di Aula Diklat Praja pada Selasa (22/11/22).

Kegiatan tersebut diikuti oleh 150 orang anggota Ormas dan LSM di Kabupaten Cilacap. Pj Bupati Cilacap dalam sambutan pengarahannya menyampaikan bahwa seluruh Ormas dan LSM di Kabupaten Cilacap harus hidup dengan penuh toleransi agar tidak ada perlakuan yang berbeda antara suku, agama dan ras karena harus rukun dan berdampingan.

“Hal lain adalah karena Ormas dan LSM ini membutuhkan satu forum untuk sering ketemu, nanti kita akan membuatnya supaya kita bisa mendengar masalah-masalah yang ada di masyarakat sehingga sampai grass root pun akan bisa memberikan informasi yang benar, tidak terjadi kegaduhan dan tidak terjadi hal-hal yang tidak baik di masyarakat,” jelasnya.

Dalam acara tersebut, Pj Bupati Cilacap juga mengingatkan kepada seluruh Ormas dan LSM di Kabupaten Cilacap untuk tetap rukun dan menghindari perselisihan dalam menghadapi tahun politik menjelang Pilkada yang sebentar lagi akan berlangsung.

“Saya mengingatkan dalam pemilu nantinya harus baik-baik saja, punya calon masing-masing ya silahkan saja. Tetapi jangan menjadikan kerukunan di masyarakat Cilacap menjadi terpecah belah hanya karena ingin mengusung calon-calon yang mereka bela,” pesannya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Taryo mengatakan bahwa dihadirkan beberapa narasumber yang memberikan pemahaman kepada para Ormas dan LSM di Kabupaten Cilacap yang hadir dalam forum tersebut mengenai pentingnya kerukunan untuk menjaga kondusifitas. Narasumber yang dihadirkan diantaranya yaitu dari Kejari, TNI, POLRI serta Badan Kesbangpol.

“Ini dalam rangka menyamakan visi dan persepsi yang sama mengenai langkah yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan kondusifitas wilayah. Saya yakin juga teman-teman ormas tahu akan peran masing-masing karena disitu juga ada regulasi yang mengatur tentang keberadaan ormas dan LSM,” jelasnya.

Kepala Bakesbangpol juga berharap agar nantinya para perwakilan Ormas dan LSM yang hadir dalam acara tersebut dapat kemudian menularkan ilmu yang didapat kepada para anggota Ormas dan LSM yang lain. “Mari bersama-sama kita jaga kondusifitas wilayah, yang saat ini sudah bagus mari kita pertahankan. Hingga saat ini sudah bagus dan tidak ada pergesekan,” ucapnya. (hen)